Hutan Lindung Pinus Loka Rumbia Terbakar, Api Sulit Dipadamkan

Kebakaran hutan lindung pinus di Dusun Kampung Beru Desa Loka Kec. Rumbia Kabupaten Jeneponto, Jumat, 11 Oktober 2019

Terkini.id,Jeneponto – Masyarakat Dusun Kampung Beru Desa Loka Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto digegerkan dengan api yang telah membesar membakar hutan lindung pinus.

Kebakaran yang diperkirakan terjadi, Jumat, 11 Oktober 2019, sekitar pukul 00.30 Wita itu membuat masyarakat panik

Api sudah menghanguskan sekitar kurang lebih 1 hektare hutan Pinus itu berlangsung sekitar kurang lebih 4 jam.

“Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran karena masyarakat yang berada di sekitar lokasi  dikagetkan  dengan adanya api yang sudah membesar dan merambat di dalam kawasan hutan lindung pinus,”Kata Kepala Seksi Peralatan Pemadam Kebakaran Pemkab Jeneponto, Ismail.

Dia menduga kebakaran terjadi akibat gesekan pohon Pinus yang kering.

“Dugaan sementara diperkirakan karena adanya gesekan daun pohon pinus yang sudah mengering karena musim kemarau yang berkepanjangan disertai dengan angin kencang,” ungkap Ismail.

Ismail mengaku mengerahkan 4 unit mobil damkar untuk memadamkan api tersebut.

“4 unit mobil damkar yang kita kerahkan, kita dibantu Unit Intelkam Polsek Kelara untuk memadamkan ap, namun sampai saat ini api belum bisa dipadamkan secara keseluruhan,” jalas Ismail.

Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api lantaran medannya yang sangat sulit ditembus.

“Situasi medan dan luasnya kawasan hutan yang sudah terbakar, membuat petugas kesulitan memadamkan api, petugas damkar juga kesulitan untuk mendapatkan air di sekitar lokasi kebakaran,”ujarnya

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 04.00 wita, namun petugas damkar Pemkab Jeneponto masih terus  melakukan penyiraman di kawasan hutan lindung Desa Loka.

Berita Terkait
Komentar
Terkini