Ikatek-Ika Unhas Salurkan Bantuan Senilai Rp 117 Juta untuk Korban Gempa Lombok

Ikatek-Ika Unhas Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Terkini.id, Lombok – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas bersama IKA Teknik Unhas (Ikatek), melakukan aksi kemanusiaan dengan menyalurkan bantuan kepada korban gempa di Lombok, NTB.

IKA Unhas dan Ikatek sebelumnya telah menggalang dana lewat media sosial dan grup-grup WhatsApp Alumni Unhas. Dalam satu minggu, IKA Unhas dan Ikatek berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 117.843.510.

“Dana itu mayoritas berasal dari sumbangan Alumni Unhas yang tersebar di seluruh Nusantara. Namun ada juga bantuan dari Komunitas Bima, serta pihak lain. Bahkan ada dari Alumni Univesitas Brawijaya,” ujar Ketua Umum DPW Ikatek UNHAS Bali-Nusra, Hadi Santoso, Senin, 13 Agustus 2018.

Ikatek-Ika Unhas salurkan bantuan ke korban Gempa Lombok

Sejak Selasa, 7 Agustus 2018 hingga Senin, 13 Agustus 2018, Hadi menyebut pihaknya telah melakukan distribusi donasi dan bantuan kepada korban gempa, bekerjasama dengan BPBD Loteng, BPBD KLU, Dinas ESDM provinsi NTB, TNI/Polri, SSCM, dan IKA Unram/Himpuni.

“Alhamdulliah, mulai hari ke dua pasca gempa, team terpadu telah bergerak mendistribusikan bantuan hingga sekarang. Insya Allah, akan berlanjut hingga seminggu ke depan,” terangnya.

Baca juga:

Sementara itu, Koordinator Aksi Peduli Lombok IKA Unhas-Ikatek, Syamsul Ma’rif menjelaskan, pihaknya telah mendistribusikan barang-barang yang sangat dibutuhkan korban, terdiri dari 210 lbr terpal/tenda, tikar 300 lbr, selimut 350 lbr, air minum 510 dus, beras 500 kg, 25 dus, mie instan, mie kuning 150 bks, telur 1260 butir, roti/snack 10,5 dus, susu Ultra 7 dus, popok bayi 6 dus, pembalut wanita 8 dus, nasi Bungkus 300 bks, dan paket Obat-obatan.

“Dalam pendistribusian kami gunakan dua pola. Yakni lewat posko terpadu dan pendistribusian langsung ke lokasi bencana, terutama daerah yang sulit dijangkau. Bahkan, alhamdulillah beberapa desa yang kami bantu, benar-benar belum tersentuh bantuan,” ujar Syamsul Ma’rif.

Beberapa alumni Ikatek turut mendampingi Syamsul Ma’rif diantaranya, Firmansyah, Arida Nuriza, Baiq Tiesnawati, Kusnadi, Agus Heru Purnomo, Firmansyah Ilho, Lalu Pahrurrozi, dan seorang warga negara Jerman, Lily.

Ikatek-Ika Unhas salurkan bantuan ke korban Gempa Lombok

Bantuan yang diserahkan ke posko terpadu diterima langsung Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, dan Sekda Lombok Tengah, HM Nursiah.

Sedangkan daerah-daerah yang langsung mendapat distribusi bantuan oleh Tim Kemanusian Ikatek-IKA Unhas antara lain, Lombok Timur (Desa Labuhan Lombok, Desa Pringgabaya, Desa Pohgading, Desa Batuyang), dan Lombok Tengah (Desa Batuk Liang, Desa Tampak Siring, Desa Montong Gamang, Desa Aik Darek, Desa Aik Berik, Desa Selebung.

“Sementara di KLU, selain dropping di Posko Terpadu, kami juga langsung dropping bantuan ke Desa Dusun Temborok Kecamatan Sigar Penjalin, Dusun Menggala, Kecamatan Pemenang, Kecamatan Gangga, dan Kecamatan Kayangan,” tutup Syamsul Ma’rif.

Komentar

Rekomendasi

Sempat Viral karena Surat Terbuka, Ruslan Buton Kini Ditangkap Polisi

Turis Asing di Bali Gelar Private Party, Langsung Dibubarkan Satpol PP

THR PNS di DKI Jakarta Dipotong, Tapi TGUPP Tidak

New Normal, Menag Segera Umumkan Aturan Ibadah di Masjid

Bayi 36 Hari Sembuh dari Covid-19 Disambut Meriah Para Tim Medis

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar