Makassar Terkini
Masuk

IKN Akan Didaftarkan Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2036

Terkini.id, Jakarta – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengumumkan rencana pemerintah untuk menjadikan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Menurut Zainudin Amali, hal tersebut merupakan permintaan Presiden Jokowi. Presiden Jokowi ingin Menpora segera melakukan bidding (penawaran) untuk menjadikan IKN sebagai tempat dilaksanakannya Olimpiade 2036.

“Beliau (presiden) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding (ajukan penawaran) menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN,” ujar Zainudin Amali di Istana Merdeka, dikutip dari kompas.com, Rabu 3 Agustus 2022.

Lebih lanjut lagi, Presiden Jokowi memang sudah mempersiapkan pembangunan berbagai macam fasilitas olahraga agar dapat menjadikan IKN rumah Olimpiade 2036.

“Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 kelak,” kata Zainudin Amali.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua PSSI Mochamad Iriawan ini, orang nomor satu di Indonesia tersebut juga mengumumkan rencana untuk mendirikan fasilitas pelatihan sepak bola di IKN.

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru,” tutur Zainudin Amali.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan kegembiraannya terkait perhatian Presiden Jokowi terhadap dunia sepak bola tanah air.

Mochamad Iriawan menilai pembangunan fasilitas pelatihan sepak bola ini adalah suatu hal yang dinantikan masyarakat Indonesia.

“Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju,” imbuh Mochamad Iriawan.