Ikut Ratas Gubernur, Taufan Pawe Laporkan Perkembangan Covid-19 di Parepare

Wali kota Parepare, Taufan Pawe menghadiri rapat terbatas dengan Gubernur Sulawesi Selatan/ ist

Terkini.id, Parepare – Rapat Terbatas (Ratas) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, bersama dengan Kepala Daerah se-Sulsel, yang digelar di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel jalan Sungai Tangka Makassar, pada Minggu 5 Juli 2020 malam.

Acara tersebut yang dihadiri langsung Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman, Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani, serta Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dan 21 Kepala Daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Pada arahannya Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah, mengatakan, peningkatan kasus Positif Covid-19 di Provinsi Sulsel tidak lepas karena massifnya swab test yang dilakukan setiap Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kita melihat trend peningkatan Covid-19 di Kota Parepare tidak lepas karena intensitas dan massifnya semua TGTPP dalam melakukan tracking dan traking dan didapatkan beberapa kasus Positif ini merupakan pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG),”ungkapnya.

Mantan Bupati Bantaeng dua Periode ini, menuturkan, jika Pemerintah Provinsi Sulsel bersama dengan Pemerintah Daerah se Sulsel, akan menghadirkan Mobile PCR yang akan disebar ke beberapa daerah, dan melakukan swab test massal.

Menarik untuk Anda:

“Kita juga akan mengadakan rapid test gratis, disertai surat keterangan rapid. Digunakan untuk para pekerja yang membutuhkan izin keluar masuk, dan tentunya swab test massal nantinya yang akan kita gelar dan bantuan Mobile PCR akan diberikan kepada seluruh daerah, demi melakukan percepatan tracking dan traking virus tersebut,”katanya.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, semalam dirinya turut hadir dan melakukan persentase proses penanganan dan perkembangan kasus Virus Corona di Kota Parepare.

“Sebagai Wali Kota kami menyampaikan perkembangan Covid-19 di Kota Parepare.
Salah satunya proses kedatangan TKI yang diperketat, kemudian fasilitas dan pelayanan di RSUD Andi Makkasau terus ditingkatkan agar tingkat kesembuhan terus naik. Insha Allah dari pertemuan ini akan keluar beberapa aturan yang akan diberlakukan di seluruh daerah Kab/Kota di Sulawesi Selatan,”urainya.

Taufan, menuturkan, jika situasi penangan Covid-19 di Kota Parepare berbeda dan unik dari beberapa daerah lainnya, mengingat karena Kota Parepare ini merupakan wilayah perlintasan dari selatan ke utara dan begitupula sebaliknya.

“Kami sendiri di Kota Parepare para pedagang yang ada di pasar hampir semuanya berasal dari luar Parepare seperti Kabupaten Pinrang, Sidrap, Barru dan Enrekang, sehingga kemudian inilah yang juga menjadi sentrum pengawasan kami melihat intensitas aktifitas di Pasar lumayan bisa berdampak pada aktifitas ekonomi,”tuturnya.

Hanya saja Kata dirinya, fasilitasi RSUD Andi Makkasau, sebagai RS rujukan semakin mengalami peningkatan dan telah mengalami kesembuhan beberapa pasien yang dalam perawatan.

Bahkan hadirnya Pemeriksaan TCM juga turut membantu dalam melakukan percepatan penanganan, karena hanya butuh waktu 51 menit hasilnya sudah bisa diketahui.

“Yang menjadi kendala disini karena catridgenya ternyata tidak dijual secara bebas. Selama ini kita diberikan bantuan Pemerintah Pusat sebanyak tiga kali tahapan yakni tahap pertama 60 dan kedua juga 60 kemudian tahap ketiga sebanyak 100. Hanya saja dengan intensitas pasien yang kami rawat saat ini sehingga alat tersebut tersisa hanya sebanyak 5 buah,”pungkas Wali Kota dua Periode ini.

Diapun, mengaku, saat ini masyarakat Kota Parepare sangat berharap adanya kepedulian dari Pemerintah Provinsi Sulsel khususnya bagaimana kebutuhan Alat tersebut bisa terpenuhi dengan baik dan alat tersebut bisa digunakan dengan maksimal.

“Tentunya kami sangat berharap Pemerintah Provinsi bisa memberikan bantuannya dalam menghadirkan alat yang digunakan dalam TCM tersebut agar kerja-kerja TGTPP di Kota Parepare bisa lebih maksimal lagi,”harap Mantan Praktisi Hukum ini.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dituntut Untuk Berkreasi, Dekranasda Parepare Beri Pelatihan ke Perajin Limbah Laut Terdampak Covid

Musda Konsolidatif Ajang Aktualisasi Kader Terbaik Golkar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar