Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV, Kepala P3E Suma Utus Satu Pejabat

P3E Suma
Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV, Kepala P3E Suma Utus Satu Pejabat

Terkini.id, Makassar – Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si mengirimkan satu orang utusan pejabat strukturalnya mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) di Makassar.

Pejabat yang diutus tersebut adalah Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan Ir. Mustari Tepu, S.Hut., M.Sc., IPM.

Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural Eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan memimpin bawahan dan seluruh pemangku kepentingan strategis untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien.

Tugas tersebut menuntutnya memiliki kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan kemampuan memengaruhi serta memobilisasi bawahan dan stakeholders strategisnya dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Kepala Puslatbang KMP LAN Dr. Andi Taufik, M.Si dalam sambutannya pada upacara pembukaan pelaksanaan Latpim IV ini menyampaikan bahwa setiap peserta harus melakukan proses pembelajaran dengan suasana hati yang menyenangkan.

“Proses pembelajaran itu akan berhasil dengan baik jika dilakukan dengan suasana hati yang menyenangkan,” ujarnya, Selasa, 30 Juli 2019.

“Yakinlah bahwa hasil itu tidak pernah menghianati proses, ikutilah proses pembelajaran itu dengan baik. Diakhir Latpim ini, Anda akan menjadi change Leader atau pemimpin perubahan,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KMP LAN Nurwahyudianti, S.S., M.HRM.IR yang akrab disapa Yayu menyatakan bahwa Latpim IV ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari untuk pembelajaran on campus yang akan dilaksanakan di Puslatbang KMP LAN dan 60 hari off campus yang akan dilaksanakan di unit kerja masing-masing.

“Kegiatan Latpim ini akan berlangsung mulai tanggal 30 Juli sampai dengan 15 November 2019. Peserta Latpim IV kali ini lebih heterogen karena berasal dari lintas Kementerian/Lembaga dan Organisasi Pemerintah Daerah mulai dari Kalimantan sampai Merauke,” ungkapnya.

Jumlah peserta sebanyak 40 orang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 1 orang, Kementerian Pertanian 1 orang, Mahkamah Agung 1 orang, STIA LAN 1 orang, BPOM RI 4 orang, BNN Sulbar 1 orang, KPU Sulsel 4 orang, KPU Sulbar 1 orang, Kemenristek Dikti 5 orang, Pemkot Bontang 5 orang, Pemkab Tanah Bumbu 2 orang, Pemkab Pangkep 2 orang, Pemkab Morowali 4 orang, Pemkab Mimika 2 orang dan Pemkab Mamasa 6 orang.

Mustari Tepu dari P3E Suma mengaku sangat senang bisa diutus oleh Pimpinannya untuk mengikuti kegiatan Latpim ini.

“Saya sebagai anak bangsa sangat bangga dapat dipertemukan dan dapat belajar bersama-sama dengan anak bangsa kita lainnya. Ini share learning yang baik. Dari berbagai pelatihan yang pernah diiikuti, tidak ada yang lebih indah dari Latpim ini, lebih beragam dan penuh warna,” ujar Mustari.

Berita Terkait
Komentar
Terkini