Indira Jusuf Ismail Hadiri Rakornas PKK 2019 Tentang Pencegahan Stunting

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail menghadiri Rakornas TP PKK di Jakarta

Terkini.id,Jakarta – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKK 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Rakornas yang mengusung tema “Peranan TP PKK dalam Pencegahan Stunting melalui 10 program pokok PKK” ini dihadiri Ketua TP PKK Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Ketua Umum TP PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam laporannya, menyampaikan setiap Kelompok Kerja dalam struktur TP PKK memiliki peran yang besar dalam mendukung percepatan penanganan sunting.

Stunting merupakan adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama. Umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi.

“Keterlibatan antara Pokja menjadi bagian yang sangat krusial untuk saling berkoordinasi dan bersinergi koordinasi untuk mendapatkan solusi yang tepat dan disepakati bersama, sebagai arah kebijakan khususnya untuk mendukung percepatan penanganan stunting,” kata Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Dia menegaskan, kader TP PKK di setiap tingkatan wajib berperan aktif untuk berperan dalam pencegahan stunting, di mana Ketua Umum bertindak sebagai Pengarah.

“Fungsi utama kader PKK yakni mendata dan memetakan, melakukan penyuluhan, melakukan pendampingan pada keluarga rentan, dan melakukan pemantauan serta melaporkan. Juga membantu rujukan ke pusat layanan dan petugas,” jelasnya.

Diketahui, Indonesia berada pada 5 besar jumlah balita tertinggi mengalami stunting, 7,88 juta jiwa. Berdasarkan data Bappenas RI pada tahun 2018, stunting menyebabkan kerugian ekonomi negara sebesar 2-3 persen dari Produk Domestik Bruto.

Komentar

Rekomendasi

Disangka Tujuan Politik, Pendataan Dasawisma Tuai Respons Negatif Masyarakat

Tutupi Kebocoran PAD, PD Parkir Makassar Raya Ingin Berdayakan Jukir Liar

Perwali Makassar Soal Penertiban Minuman Beralkohol Dinilai Tak Efektif

Muhammad Ismak Maju Atau Mundur di Pilwali Makassar 2020?

Palsukan KTP Masyarakat, Calon Perseorangan Pilwali Makassar Bisa Dipidana

Bicara Diseminasi Hasil Penelitian Kebijakan Daerah, Sekda: Kita Semangat

SAdAP Bakal Setor 100 Ribu e-KTP ke KPU Makassar

Di Hadapan Kementerian ATR/BPN Iqbal Paparkan RDTR Kawasan Biringkanaya

5 Tahun Mendatang, Dirut Hamzah Sebut Sumber Air Baku Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar