Indonesia bisa jadi tuan MotoGP, tetapi…

Terkini.id, Makassar – Indonesia berpeluang besar menggelar hajatan balapan akbar sekelas MotoGP. Cita-cita itu bisa terwujud 2019 nanti, tetapi perlu kerja keras dari berbagai pihak.

Saat ini Palembang tengah membangun sirkuit kelas dunia demi helatan MotoGP. Progresnya on the track dan diharapkan rampung tepat waktu. Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, seperti dikutip Antara optimistis Indonesisa bisa menjadi tuan rumah MotoGP.

Alex Noerdin bilang, banyak hal telah dilakukan terutama dalam mendatangkan investor. Dia pun berharap makin banyak investor membantu pembangunan sirkuit.

“MotoGP ini memang luar biasa berat. Mengapa? Karena kami tidak punya uang. Andai saja diminta empat tahun lalu, tentunya tidak jadi masalah,” kata Alex akhir 2017 lalu.

Pemprov Sumsel telah mengklaim akan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2019. Di sisi lain, otoritas penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, belum memberikan rilis resmi.

Rancangan sirkuit di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Sudah ada petunjuk melalui Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bahwa MotoGP akan digelar di Indonesia. Selain Palembang, ada dua lokasi yang terus menjadi kajian Dorna Sport, yakni kawasan wisata Mandalika dan Sentul.

Dari ketiganya, Palembang memang paling getol. Herman Tilke yang ditunjuk sebagai arsitek sirkuit pun memberikan kabar soal perkembangan sirkuit di Palembang.

Awalnya Palembang diproyeksikan bisa menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2018. Akan tetapi, keinginan itu buyar usai slot yang tersedia sudah diisi Thailand yang akan memakai Sirkuit Buriram.

Sirkuit Buriram di Thailand menjadi tuan rumah MotoGP 2018 ini.

Karenanya, target pun dialihkan menjadi tuan rumah MotoGP 2019. Tilke mengatakan, saat ini Palembang masih berada di jalur yang tepat untuk merampungkan persiapan venue di Kompleks Olahraga Jakabaring.

“Lintasan tersebut sedang di bangun di sebelah venue dayung untuk Asian Games 2018. Karena medannya berupa rawa, jadi harus ditumpuk agar tidak berada di bawah air saat pasang. Itu yang mempersulit tugas kami,” kata Tilke dilansir Speedweek.

Sirkuit Sepang di Malaysia sudah menjadi langgaran penyelenggaraan MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Palembang memang meminta bantuan Tilke untuk mendesain sirkuit MotoGP di Kompleks Olahraga Jakabaring. Tilke adalah aktor di balik keindahan Sirkuit Sepang (Malaysia), Yas Marina (UEA), Istanbul Park (Turki), Bahrain International Circuit, dan Sirkuit Marina Bay (Singapura).

Komentar

Rekomendasi

Simak Cerita Pembalap Manual Tech KYT Kawasaki Andi Muhammad Fadly

Kawasaki Motor Akan Gelar Meet and Greet Bareng Juara ARRC 2019

27 Cabor Sulsel Lolos PON Papua 2020, Target 30 Cabor

Rela Kehilangan Emas Demi Tolong Atlet Indonesia, Ini Dia Sosok Roger Casugay

Di Tengah Duka Kehilangan Ayah, Atlet Wushu Edgar Xavier Tetap Raih 2 Emas

BRILian Run Surabaya Series Diserbu 10 Ribu Runners

Dituduh Tidak Perawan, Atlet Senam SEA Games Indonesia Dipulangkan Paksa

KONI Sulsel Usulkan Hibah Rp20 Miliar Untuk PON Papua 2020

Para Pebalap Astra Honda Bidik Gelar Juara ARRC 2019

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar