Ingin buat kue Barongko khas Bugis, begini caranya

Kue Barongko ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya takbenda Indonesia. Penetapan ini diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

TERKINI.ID, – Kue Barongko telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya takbenda Indonesia. Penetapan ini diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengakuan ini merupakan upaya perlindungan warisan budaya di Indonesia agar tidak punah. Sertifikat Barongko sebagai warisan budaya bernomor 60128/MPK.E/KB/2017.

Barongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang. Dihaluskan kemudian dicampur telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Jika sudah matang, Barongko biasa disimpan dalam kulkas. Enak dimakan dalam kondisi dingin.

Untuk membuat kue Barongko, tidaklah sulit. Anda bisa menghidangkan kue khas Bugis ini untuk keluarga tercinta di rumah.

Cara buatnya sederhana dan mudah dan tidak memerlukan bahan yang rumit.

Berikut Resep Kue Barongko yang enak, nikmat dan asli dengan hasil untuk 12- 13 bungkus. Dengan waktu persiapan dan memasak kurang lebih 2 jam.

Bahan – bahan Kue Barongko Khas Bugis

– 1 sisir pisang kepok
– 300 gram gula pasir
– 5 butir telur
– 250 ml santan kental
– 1 kaleng susu kental manis
– Vanili secukupnya
– Garam secukupnya
– Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuatnya

Baca :Barongko ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia

1. Kupas terlebih dahulu pisang yang telah disiapkan dan buang bagian hitamnya

2. Blender pisang yang sudah dikupas bersama santan sampai halus.

3. Setelah halus tempatkan dalam wadah, lalu masukkan telur dan aduk sampai merata dengan adonan pisang.

4. Kemudian masukan garam, gula, vanili dan susu, aduk kembali sampai merata.

5. Siapkan daun pisang yang telah dipotong-potong ukuran sedang, ambil beberapa sendok adonan pisang kemudian bungkus adonan dengan daun pisang tersebut. Rekatkan daunnya dengan menggunakan stepler agar adonan tidak tumpah.

Daun pisang menjadi bahan yang baik untuk memasak kue barongko, meskipun zaman banyak juga yang tidak memakai daun pisang untuk memasak kue ini

6. Siapkan kukusan dan letakkan bungkusan adonan tersebut ke dalam kukusan dan kukus selama kurang lebih 25 menit atau sampai benar-benar matang.

7. Jika sudah matang, angkat dan diamkan beberapa saat atau bisa juga langsung disajikan.

Kue Barongko ini bisa dinikmati dalam keadaan hangat. Tetapi banyak orang menyukai kue ini jika disajikan dalam keadaan dingin setelah terlebih dahulu disimpan dalam lemari pending.

Mudah bukan, selamat mencoba!