Ingin Memiliki Website? Perhatikan Dulu Hal Ini

Terkini.id – Ingin memiliki website tapi belum punya cukup modal dan pengalaman?

Nah, Anda sudah mampir di artikel yang tepat. Di sini kami akan membahas hal sebelum membuat website yang penting Anda ketahui.

Dengan memiliki basic knowledge dalam membuat website, Anda akan mampu membangun website yang sesuai dengan kebutuhan.

Penasaran apa saja kah hal sebelum membuat website yang perlu Anda pahami? Mari simak pembahasannya!

Ketahui 5 Hal Sebelum Membuat Website

Mungkin Anda menyukai ini:

Berikut 5 hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membuat website:

1. Tentukan Platform Membuat Website

Platform membuat website ada banyak. Joomla, Blogger, WordPress, dan banyak lagi. Namun, saat ini WordPress sudah menjadi platform yang paling lumrah digunakan. Baik untuk kebutuhan blogging, bisnis, maupun portfolio.

Meski demikian, pastikan Anda sudah mempelajari kriteria setiap platform sebelum memilih yang paling tepat.

2. Pilih Domain yang Sesuai Niche

Hal sebelum membuat website berikutnya, memilih domain yang sesuai niche. Domain adalah alamat website. Seperti www.warungkopi.com.

Penting Anda ketahui, domain cukup berpengaruh terhadap keberhasilan website. Dari domain pula, calon visitor akan berekspektasi dengan apa yang akan mereka temukan pada website Anda.

3. Pilih Hosting yang Sesuai Kebutuhan

Hosting adalah hal sebelum membuat website yang harus Anda miliki. Ini merupakan space di mana data-data website disimpan. Dengan begitu, orang-orang bisa mengakses website melalui internet.

Sesuaikan hosting dengan kebutuhan Anda. Website portfolio fotografi, misalnya, tentu membutuhkan hosting yang lebih besar daripada blog. Dengan hosting yang besar, gambar pada website akan muncul dengan cepat.

4. Pastikan Provider Hosting Memberikan Akses ke cPanel

Tidak semua provider hosting memberikan akses ke cPanel. Padahal, cPanel cukup penting. cPanel adalah kontrol panel yang memungkinkan Anda mengelola layanan web hosting. Seperti manajemen file, database, domain, dan banyak lagi.

Dengan memiliki akses ke cPanel, Anda bisa lebih mudah dalam mengatur dan menjalankan hosting. Selain itu, cPanel juga membantu Anda memperketat keamanan website.

5. Atur Website Sesuai Kebutuhan

Memiliki domain dan hosting saja masih kurang. Hal sebelum membuat website berikutnya, atur website sesuai kebutuhan. Baik itu dengan memilih tema yang tepat, memasang plugin alias fitur yang dibutuhkan, serta melengkapi website dengan berbagai konten yang menarik.

Untungnya, jika Anda memilih WordPress sebagai platform membuat website, Anda akan mendapat ratusan pilihan tema serta plugin yang menunjang kebutuhan. Baik itu untuk toko online, portal berita, dan lain-lain.

Yuk, Buat Website Anda Sekarang!

Sampai sini, Anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang penting dalam pembuatan website. Itu artinya, Anda makin siap dan matang untuk membuat website.

Meski demikian, mungkin Anda ragu karena belum memiliki modal untuk membangun website. Nah, jangan khawatir, sebab Anda bisa memulainya dengan menggunakan hosting gratis dari Niagahoster.

Bukan hosting ecek-ecek yang hanya bisa dicoba sehari dua hari, Niagahoster secara cuma-cuma memberikan hosting yang bisa Anda pakai selama setahun.

Bahkan, hosting tersebut juga memberikan Anda hal-hal penting yang sudah kami sebutkan pada bagian sebelumnya. Seperti kapasitas hosting yang unlimited, akses ke cPanel, bahkan Anda juga mendapatkan domain & SSL gratis.

Masalah keamanan, jangan cemas. Hosting Niagahoster sudah dilengkapi dengan Ddos & Malware Protection serta fitur backup. Sehingga, cukup aman dari serangan hacker.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat website Anda sekarang!

Bagikan