Ingin meriahkan kemerdekaan RI, waria di Bulukumba diharuskan berpakaian sopan

waria jalan santai
Keterangan pers terkait keikutsertaan waria di HUT Kemeredekaan RI di Warkop Ovan Bulukumba, Jumat 11 Agustus 2017 / Diva

TERKINI.id, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali memberikan kesempatan kepada setiap kelompok masyarakat berpartisipasi dalam memeriahkan upacara kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72 tahun. Termasuk Kelompok Waria Kreatif Bulukumba (Wakerba).

“Sebagai warga negara Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam menyambut dan memeriahkan hari Kemerdekaan. Semua Bangsa Indonesia saya apresiasi dan mengijinkan ikut dalam karnaval dengan catatan harus tertib, pakaian harus wajar dan sopan,” kata Bupati di Warkop Ovan Bulukumba, Jumat 11 Agustus 2017.

Sebelumnya terjadi kisruh antara Dai Muda dan Wakerba soal keikutsertaan waria di acara gerak jalan kemerdekaan RI. Dai Muda dianggap melarang keikutsertaan waria. Namun tudingan itu dibantah Ketua Dai Muda Ustad Ikhwan Bahar.

“Secara lembaga memang kita tidak ada larangan. Hanya himbauan sama dengan dakwah. Mau diterima atau tidak kami cuma bertugas menyampaikan itu,” kata Ikhwan Bahar.

Terkait izin, Dai Muda tak permasalahkan. “Kami akan memantau saja seperti kata Bupati pakaian sopan,” kata Ikhwan Bahar yang didampingi oleh pengurus lain seperti Syamsir Al Khair, Andi Asbar, Muh Abrar Bahari dan Arman Maulana.