Ini 4 Motor Tercepat dan Terkuat Sepanjang Sejarah MotoGP

Motor tercepat
4 Motor Tercepat dan Terkuat Sepanjang Sejarah MotoGP. (foto: motorcycleheritagefmi.it)

Terkini.id – MotoGP merupakan olahraga balap motor kelas raja yang tidak mudah jadi juara, sebab selain skill pembalap motor menjadi faktor utama dalam balapan itu.

Dalam sejarah balap MotoGP, baik 500cc atau 990cc, tercatat ada empat motor pembalap yang dinilai paling tercepat dan terkuat. Tentunya, motor  tersebut sukses membawa penunggangnya jadi juara dunia kala itu. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut empat motor tersebut.

1. MV Agusta 500 Three

Motor tercepat
MV Agusta 500 Three. (foto: motorcycleheritagefmi.it)

Motor ini hits di era 1950-an. MV Agusta memegang rekor enggak terkalahkan sebagai pabrikan yang paling banyak jadi juara dunia berturut-turut sejak 1958 sampai 1974. Ada tiga pembalap bintang di era itu yang mengendarai MV Agusta, yakni John Surtees dan Mike Hailwood.

Sedangkan paling fenomenal adalah pemegang gelar juara dunia balap Grand Prix terbanyak, Giacomo Agostini. Doi menang tujuh tahun beruntun dengan MV Agusta.

2. Honda NSR500

Motor tercepat
Honda NSR500. (foto: boxrepsol.com)

Honda NSR500 pernah menang 10 gelar kelas utama MotoGP. Beberapa pembalap yang memakai motor ini ialah Freddie Spencer, Wayne Gardner, Eddie Lawson, Mick Doohan, Alex Criville, dan terakhir adalah Valentino Rossi.

3. Yamaha YZR-M1

Motor tercepat
Yamaha YZR-M1. (foto: rossishop.com)

YZR-M1 adalah motor yang membawa Yamaha menjadi raja di MotoGP sejak lahir di 2004. Yamaha dan Valentino Rossi berhasil ngerancang salah satu mesin terbaik di MotoGP yakni YZR-M1.

Keistimewaan YZR-M1 bukan karena power dan top speed yang luar biasa seperti halnya milik Honda maupun Ducati. Selain Rossi, YZR-M1 juga pernah ngebawa Jorge Lorenzo ngerengkuh tiga titel kelas premier.

4. Honda RC213V 

Motor tercepat
Honda RC213V. (foto: cambriantyres.co.uk)

Honda RC213V bisa dibilang mesin V4 terbaik Honda setelah RC211V dan RC212V. Dengan RC213V, Honda berhasil mendominasi MotoGP dalam enam musim terakhir.

Berita Terkait
Komentar
Terkini