Ini 4 suku pemangsa manusia di dunia, ada dari Indonesia

Ini 4 suku pemangsa manusia di dunia, ada dari Indonesia. (foto/dosenpendidikan.com)

Terkini.id, – Sumber makanan manusia adalah hewan dan tumbuhan. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang-orang suku pedalaman yang tidak hanya menjadikan hewan dan manusia sebagai sumber kebutuhan makanan, mereka bahkan memangsa manusia yang lainnya.

Nah, praktik memangsa sesama manusia ini kita kenal dengan kanibalisme. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa suku yang melakukan praktik kanibalisme.

1. Suku Karibia

Suku Karibia. (foto/anakreguler.com)

Berada di wilayah Amerika Utara, Suku Karibia ini dikatakan sebagai suku pertama yang melakukan praktik kanibalisme. Pada masa penjelajahan Christoporus Colombus, ia menyebut suku ini “The Carib, people of the Lesser Antilles.” Dalam catatannya, Colombus menyebutkan arti nama ‘Cariba’ adalah ‘orang yang memakan orang’.

2. Suku Fiji

Suku Fiji. (foto/blogspot.com)

Budaya kanibalisme ini telah menyebar di wilayah Polinesia dan Melanesia. Salah satunya adalah pulau Fiji. Pulau bekas jajahan Inggris ini awalnya terkenal karena praktik kanibalismenya, namun sejak Ratu Seru Cakobau menganut agama Kristen praktik kanibalisme itu akhirnya berakhir.

3. Suku Korowai

Suku Korowai. (foto/kaskus.co.id)

Ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang misionaris dari Belanda, suku Korowai tinggal di daerah pedalaman Papua, Indonesia. Karena hidup terasingkan dari dunia luar, hingga tahun 70-an suku ini bahkan tidak tahu mengenai keberadaan manusia selain mereka sendiri.

Penduduk suku ini hidup di sebuah rumah yang dibangun di atas pohon setinggi 50 meter dari tanah. Rumah mereka dibuat sedemikian rupa agar terhindar dari banjir, kebakaran, dan serangan hewan liar.

Hingga saat ini, suku Korowai masih melakukan praktik kanibalisme. Tetapi sejak mereka mengenal dunia luar, mereka tidak lagi melakukan praktik tersebut secara sembarangan.

Mereka hanya akan mengkomsumsi daging manusia apabila orang tersebut melakukan pelanggaran terhadap aturan dan kepercayaan mereka.

4. Suku Maori

Suku Maori. (foto/dosenpendidikan.com)

Bagi suku ini, kanibalisme sudah menjadi kebudayaan yang mendarah daging. Bagaimana tidak? Suku yang hidup di Selandia Baru ini tidak pernah berhenti memangsa siapa saja yang menjadi musuhnya.

Ketika para awak kapal Inggris The Boyd membunuh anak kepala suku tersebut, penduduk Maori murka dan melakukan pembalasan dendam dengan memangsa tubuh seluruh penghuni The Boyd. Kejadian ini dikenal sebagai ‘Body Massacre’.

Nah, itulah dia beberapa suku yang melakukan praktik kanibalisme. Bagaimana menurut kalian?

Berita Terkait
Komentar
Terkini