Ini 4 teknik rahasia Hashtag Instagram agar followers bertambah

Ini 4 teknik rahasia Hashtag Instagram agar followers bertambah. (foto/delurgeconsulting.com)

Terkini.id, – Anda pemakai Instagram, bukan? Jika ya, maka Anda sudah punya kesempatan untuk mencetak uang sendiri melalui kreativitas fotomu.

Tapi sebelum itu, tentu postingan anda perlu mendapat views yang cukup banyak dari follower maupun orang asing yang suka memerhatikan hasil karya menarik buatan Anda.

Mendapatkan views dan likes bukan perkara sederhana, Instagram sendiri merupakan lapangan yang sangat kompetitif dalam hal berbisnis semenjak peningkatan jumlah penggunanya sebesar dua kali lipat menjadi 700 juta pada tahun 2017.

Jadi, bagaimana cara mendorong jumlah views di setiap postingan Anda? Ada satu fitur yang pasti Anda sudah sering dengar bahkan gunakan di media sosial ini.

#Hashtag yang mulai melejit pada tahun 2007 digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mencari hasil carian yang bertema sama. Melalui fitur sederhana ini, “produsen” gambar di Instagram mampu mempromosikan dirinya dengan cepat, efektif, dan efisien.

Tapi, penggunaan #hashtag tidaklah boleh secara asal-asalan kecuali jika Anda tidak berniat mendapat peluang bisnis yang bagus. Menurut Neil Patel melalui situs web resminya, salah satu penulis serta pengusaha terbaik ini memaparkan beberapa cara memaksimalkan penggunaan #hashtag untuk memperoleh jumlah peminat yang tinggi.

1. 10-15 #Hashtag

(foto/blogspot.com)

Hal pertama yang mesti diketahui adalah jumlah maksimal #hashtag yang diperbolehkan Instagram adalah 30 pagar (#). Jika melebihi #30 maka komentar Anda akan langsung dihapus atau tidak dapat di-post.

Kurang percaya? Mungkin Anda bisa coba sendiri kalau sekarang Anda lagi semangat. Nah, keterhubungan jumlah #hashtag ini mempengaruhi jumlah #hashtag yang optimal dalam menekan views.

Menurut Neil, sebaiknya Anda menggunakan 10-15 #hashtag di setiap post Anda. Huffington Post juga menyatakan hal yang serupa, menggunakan 11 #hashtag sangat efektif untuk mengembangkan akun ber-follower kurang dari 1000.

2. Tiga Kategori #Hashtag

(foto/wordpress.com)

Selain itu, dalam hal pemilihan #hashtag tidak boleh sembarangan dan sesuka hati, #hashtag yang akan terpampang pada gambar Anda mesti memiliki popularitas yang terdiri dari 3 kategori: berkompetisi rendah, berkompetisi menengah, dan berkompetisi tinggi.

Ketiga kategori #hashtag ini harus tersebar pada 10-15 #hashtag-mu. Cara mengklasifikasi ketiga kategori ini sendiri cukup mudah, yaitu dengan memerhatikan jumlah post yang ber-#hashtag sama.

Berdasarkan tulisan Neil, #hashtag yang berkompetisi tinggi memiliki jumlah post sebanyak lebih dari 100.000, berkompetisi menengah sebanyak 12.000-100.000, dan berkompetisi rendah digunakan oleh kurang dari 12.000 post.

Menggunakan terlalu banyak #hashtag yang terlalu populer bisa saja menyebabkan karya Anda kalah bersaing di dalam hasil pencaharian.

3. Relevansi #Hashtag

(foto/youngmediapro.com)

Klasifikasi #hashtag yang baik juga dapat didukung oleh keterikatan #hashtag dengan komunitas atau industri yang sedang naik daun. #Hashtag yang walaupun tidak populer namun memiliki komunitasnya sendiri dan sering melibatkan anggotanya punya kemampuan yang mendobrak views dan likes.

Contohnya bisa Anda coba dengan menggunakan #hashtag yang berhubungan dengan film-film atau lagu yang sedang terkenal, maupun menggunakan #hashtag dari komunitas serta produk yang Anda kenal. Semakin relevan #hashtag Anda dengan gambar Anda, maka view lebih mudah meningkat

4. Penempatan #Hashtag

(foto/vtography.com)

Ada pula penempatan #hashtag tidak mesti pada caption gambar, Neil berpendapat bahwa penempatan #hashtag bisa juga diletakkan pada kolom komentar pertama dan jangan takut kalau Instagram tidak dapat membaca #hashtag Anda karena Neil Patel sudah mencobanya sendiri dan ternyata gambarnya ada di hasil pencaharian!

Sekian dari beberapa cara memaksimalkan potensi #hashtag Anda di Instagram. Semoga karya Anda dapat populer dan berdampak positif ke seluruh viewer Anda!

Ada tips atau teknik rahasia yang mungkin Anda mau bagikan dengan kami? Kolom komentar siap menjadi kolom inspirasi kami dan pembaca yang lain!

Berita Terkait
Komentar
Terkini