Ini 5 Destinasi Wisata Dieng yang Paling Hits

Terkini.id, Jakarta – Indonesia adalah negara dengan anugerah keindahan alam yang luar biasa. Sudah pernah mencoba destinasi wisata Dieng?

Hampir setiap kawasan Indonesia memiliki daya tarik masing-masing, begitu pula kawasan dataran tinggi Dieng. 

Kawasan tersebut memiliki destinasi wisata paling hits yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menggunakan situs atau aplikasi Traveloka tiket pesawat online untuk pemesanan maskapai dan kebutuhan dalam perjalanan Anda. 

1. Bukit Sikunir

Baca Juga: Dibuka untuk Umum, Pengunjung Destinasi Wisata ini Langsung Membludak

Bukit Sikunir menyajikan panorama indah matahari terbit. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk menikmati panorama alami tersebut, disarankan untuk menyusun rencana ke Bukit Sikunir. 

Objek wisata yang satu ini berlokasi di Desa Sembungan di mana juga merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Matahari terbit di desa ini sangat indah sehingga ada banyak pengunjung yang turut mengabadikan momen tersebut. 

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Wisata, Berikut Himbauan Menparekraf Wishnutama

Pemandangan indah ini dapat Anda nikmati setelah menempuh perjuangan mendaki bukit sebelum menjelang subuh. Anda juga harus kuat menghadapi dinginnya angin subuh hari. Meskipun perjalanannya terasa berat bagi sebagian orang, tapi semua perjuangan itu akan terbayar dengan pesona alam pagi hari kawasan Bukit Sikunir. 

2. Telaga Warna

Perjalanan mengelilingi kawasan Dieng belum berhenti, Anda harus menikmati pesona alam di Telaga Warna. 

Lokasinya berada di Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Hal unik yang terdapat di kawasan Telaga Warna adalah warna airnya yang mampu berubah. Perubahan yang terjadi diakibatkan oleh kandungan belerangnya.

Baca Juga: Citilink Buka Rute Penerbangan Baru Bayuwangi – Denpasar PP

Warna airnya terkadang hijau, kuning bahkan pelangi. Ketika mendapatkan sinar matahari, maka airnya langsung berubah warna. Meskipun perubahan tersebut diakibatkan oleh sinar matahari, namun masyarakat setempat juga percaya terhadap legenda Telaga Warna. 

Objek wisata ini masih asri sehingga Anda dapat menikmatinya. Kapan lagi Anda dapat sajian panorama alam seperti ini, bukan? Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut. 

3. Gunung Prau

Bagi Anda yang gemar mendaki, jangan lewatkan pesona Gunung Prau. Ketinggian gunung tersebut adalah 2.565 mdpl, cukup tinggi bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. 

Suasana tempat wisata Dieng juga turut menawarkan udara segar khas pegunungan. Panorama alam di atas ketinggian juga tidak terbantahkan. Bahkan ada sebagian pengunjung yang memilih untuk berkemah sembari menikmati udara segar pagi hari. 

Dari atas Gunung Prau, Anda dapat menikmati keindahan momen matahari terbenam, menikmati langit malam hari dan menikmati pesona matahari terbit. 

Selama pandemi 2020, lokasi wisata ini telah dibuka kembali untuk umum pada 4 September 2020. Segera lakukan pemesanan tiket pesawat untuk menuju ke lokasi wisata impian Anda. 

4. Kawah Sikidang

Salah satu objek wisata Dieng adalah Kawah Sikidang. Kawasan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menyaksikan aktivitas vulkanik secara langsung. 

Jadi, dataran tinggi Dieng merupakan gunung berapi raksasa dengan telaga-telaga dan kawah bekas letusan yang kemudian ditempati oleh penduduk. 

Kawah-kawahnya masih menunjukkan aktivitas vulkanik tersebut kini menjadi daya tarik bagi wisatawan, begitu pula dengan Kawah Sikidang. 

Lokasinya tidak jauh dari Bukit Sikunir, Anda bisa menikmati panorama eksotisme khas kawah belerang. Kenakan masker untuk menghindari gas beracun yang dihasilkan oleh belerang di kawasan tersebut. 

Para pengunjung akan melihat lumpur panas yang meletup-letup serta gas maupun asap putih mengepul di udara. Cukup menarik, bukan? 

5. Candi Arjuna

Dataran tinggi Dieng memiliki kawasan candi kurang lebih seluas 90 ha yang mana komplek Candi Arjuna paling luas dan populer. Lokasinya berada di Desa dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dengan luas 1 ha. 

Ada 5 bangunan candi di komplek tersebut yakni, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan candi Sembrada. Keempat candi selain Candi Semar dijadikan sebagai candi utama yang digunakan untuk sembahyang. 

Keindahan bangunan candi cukup menarik dibalut dengan udara segar khas pegunungan Dieng. Candi Arjuna adalah peninggalan kuno Kerajaan Mataram yang digunakan untuk menyembah Dewa Siwa. Komplek candi dikelilingi rumput dan taman yang asri. 

Demikian ulasan singkat tentang destinasi wisata Dieng yang dapat dijadikan daftar wisata. Segera pesan tiket maskapai untuk menikmati panorama alam Dieng dan peninggalan sejarahnya.

Bagikan