Ini 7 Langkah Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan

Kesuksesan
Ilustrasi kegagalan

Terkini.id – Meraih sukses memang bukan hal yang mudah. Selain butuh semangat, keyakinan dan rasa percaya diri yang kuat, juga dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk merealisasikannya.

Pasalnya, waktu yang dibutuhkan dalam proses menuju sukses kadang cukup lama, belasan tahun atau puluhan tahun. Akibatnya, banyak yang akhirnya menyerah dan kemudian mundur di tengah jalan.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kesuksesan belum juga bisa anda raih, malah sebaliknya anda mengalami kegagalan yang datang silih berganti, maka mungkin saja tahun ini adalah tahun keberuntungan anda.

Beberapa langkah ini mungkin harus atau perlu anda lakukan untuk mengubah kegagalan yang kemarin menjadi kesuksesan di hari esok.

1. Bangkit dari kegagalan

Agar langkah-langkah berikut berjalan dengan baik dan lancar serta berbuah sukses, langkah pertama yang anda harus lakukan adalah berusaha bangkit dari kegagalan. Jangan biarkan diri anda terlarut dalam penyesalan yang tidak berguna.

Hal penting yang harus disadari ketika terjatuh adalah bagaimana anda berusaha bangkit dari kegagalan tersebut dan mencoba untuk tetap optimis.

Baca :Ternyata jari kelingking bisa ungkap sifat asli Anda, simak penjelasannya

Pandanglah kegagalan sebagai suatu peristiwa hidup yang bisa dialami oleh siapa saja dan untuk membuat diri anda lebih kuat dan tegar dari sebelumnya.

2. Intropeksi diri

Jika anda sudah merasa cukup kuat, coba ingat-ingat kembali peristiwa-peristiwa di masa lalu yang menyebabkan kegagalan anda di saat ini.

Posisikan diri anda sebagai pengamat ketika melihat kilasan diri anda di masa lalu. Temukan penyebab kegagalan tersebut dan renungkan. Lakukan intropeksi diri.

3. Buat daftar masa lalu

Setiap kegagalan pasti ada penyebabnya.  Cobalah dari tahu, kemudian catat dalam suatu daftar khusus di buku harian atau agenda. Kenali penyebab kegagalan anda itu.

Apakah hal tersebut berasal dari diri anda sendiri seperti, kurang optimis, malas atau suka terburu-buru, atau malah berasal dari luar diri anda seperti, kurangnya dukungan lingkungan sekitar, kurang dana atau fasilitas yang tersedia. Apapun penyebabnya, tuliskan semua itu dalam daftar yang telah anda buat.

4. Balajar dari kegagalan

Setelah mengetahui penyebab dari kegagalan anda di masa lalu, cobalah belajar dari hal tersebut. Mungkin ada beberapa perbaikan yang bisa anda lakukan dengan segera.

Baca :5 penyebab goncangan dalam rumah tangga

Misalnya, merubah sikp menjadi lebih optimis, disiplin dan terorgansir. Mungkin juga ada perubahan yang membutuh waktu lama untuk anda lakukan, seperti menjadi lebih sabar. Lakukan perbaikan atau perubahan itu secara perlahan dan bertahap.

Jika kegagalan menjadi pelajaran agar anda labih berhati-hati ketika melangkah sehingga tidak jatuh lagi. Hikmah atau pelajaran tersembunyi dari suatu kegagalan akan ada jika anda mau mencoba melihat kembali dan belajar dari kegagalan itu sendiri.

5. Optimis dan berfikir positif

Apapun langkah yang hendak anda lakukan, sekarang atau nanti, sebaiknya sertai dengan sikap optimis dan berfikir positif. Kedua hal tersebut dapat membantu anda mengalahkan rasa takut dalam menghadapi tantangan yang akan datang dan membuat anda lebih yakin dalam melangkah dan meraih impian sukses di masa depan.

6. Tentukan prioritas dan buat resolusi

Belajar dari kegagalan dan melakukan perbaikan atau perubahan pada diri sendiri bukanlah satu-satunya hal yang harus anda lakukan untuk menjadikan tahun ini sebagai tahun kesuksesan anda.

Baca :Cara menilai Bank untuk dipercaya menyimpan uang Anda

Hal penting lain yang tidak boleh dilupa adalah menentukan prioritas dan menbuat resolusi tentang apa yang akan anda lakukan dan harus capai pada tahun ini.

7. Relaks

Sepadat apapun jadwal anda dan sebesar apapun semangat anda untuk meraih sukses, satu hal penting yang tidak boleh dianggap sepele adalah masalah kesehatan.

Melakukan berbagai aktivitas harian, melakukan perbaikan, perubahan dan peningkatan diri, membuat rencana dan strategi untuk langkah berikutnya tentu sangat menguras pikiran dan energi.

Sisikan waktu di akhir pekan atau hari libur untuk beristirahat atau bersantai. Segarkan pikiran dan tubuh anda dengan olahraga, reaksi atau relaksasi di tempat favorit anda. Misalnya, pusat relaksasi SPA, pijat refleksi atau kebugaran.

Pikiran dan tubuh yang segar dan penuh stamina sangat menbantu anda dalam menghadapi hari-hari yang penuh tantangan. Selamat meraih kesuksesan!

Penulis : Anindita Siswanto