Ini 7 tradisi unik orang Indonesia saat Bulan Ramadan tiba

Tradisi Ramadan
Ini 7 tradisi unik orang Indonesia saat Bulan Ramadan tiba

Terkini.id – Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Negara tercinta ini juga kaya akan budaya, suku, ras, agama, bahkan bahasa. Dasar negara, Pancasila memainkan peran tertinggi untuk persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Memasuki hari pertama bulan suci Ramadan, terkini.id telah merangkum tradisi-tradisi unik di Indonesia saat Ramadan tiba. Sesuai dengan yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Buka puasa bersama

Untuk menikmati Ramadan bersama-sama, biasanya­ akan diadakan kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan ini dilakukan sekumpulan orang di rumah maupun di rumah makan.

Banyak juga yang melakukan buka puasa bersama di panti asuhan, panti jompo, hingga membagikan nasi kotak pada fakir miskin di jalan. Kegiatan ini sangat bermanfaat selain untuk menikmati kebersamaan di bulan Ramadan.

Baca juga:

2. Membangunkan orang untuk sahur

Kegiatan ini dimulai dengan berkeliling kampung atau jalan, memukul-mukul kentongan, hingga memanggil-manggil warga agar bangun untuk sahur. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh sekelompok anak muda yang mulai berkeliling dari pukul 2 hingga 3 subuh.

Tradisi Ramadan
Tradisi orang Indonesia di bulan Ramadan

3. Ngabuburit

Arti ngabuburit adalah berjalan-jalan saat sore hari sambil menunggu adzan Maghrib tiba. Biasanya orang-orang akan berkumpul di tempat-tempat ramai untuk menunggu buka puasa tiba.

4. Berbagi takjil

Takjil gratis dulunya hanya dibagikan kepada masjid dan pengurus musholla saja. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, takjil gratis juga dibagi-bagikan di jalan dan tempat keramaian lainnya. Kegiatan ini menggambarkan kerukunan dan rasa kebersamaan masyarakat.

5. Jalur Pacu

Jalur pacu adalah tradisi yang dilakukan di Riau dalam rangka menyambut tibanya Ramadan. Tradisi ini disambut dengan sukacita oleh masyarakat, dengan pergi ke sungai dan menonton perlombaan dayung yang dikenal sebagai Jalur Pacu.

Tradisi Ramadan
Tradisi orang Indonesia di bulan Ramadan

6. Dandangan

Tradisi ini dilakukan di Kudus, Jawa Tengah dan sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Dandangan selalu menghiasi acara menjelang bulan puasa dan dimulai dari zaman Sunan Kudus. Digelar di pasar malam, acara ini dilakukan dengan menjual kebutuhan rumah tangga.

7. Takbir Keliling

Kegiatan Takbir Keliling merupakan puncak kegiatan bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut mereka yang sudah menyelesaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Biasanya anak-anak hingga pemuda akan berkeliling kampung dengan berjalan kaki, bersepeda, dan dengan kendaraan terbuka sambil menyuarakan takbir.

Nah, itulah beberapa tradisi saat bulan Ramadan tiba di Indonesia.

Komentar

Rekomendasi

Makan untuk Membatalkan Puasa Mengapa Disebut Buka Puasa? Ini Penjelasannya

[Cerpen] KKN di Tanah Majis Beradat

Gubernur Anies Sebut Perayaan Cap Go Meh Perkuat Persatuan Warga

Cheng Ho, Bahariawan Muslim Tionghoa yang Berjasa Sebarkan Islam di Nusantara

Opera Beijing, Seni Mahakarya Tiongkok yang Diakui Dunia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar