Ini budaya dan ritual aneh lain daripada yang lain

Pemakaman langit,dinamakan Jhator atau Sky Burial dilakukan oleh Kaum Budha di TIbet. Gambar : Liputan6

Terkini.id, – Setiap wilayah pasti memiliki tradisi dan budaya yang menjadi keunikan dari masing-masing tempat tersebut. Bahkan tak jarang budaya yang unik tersebut menjadi simbol yang membuat suatu wilayah dikenal oleh seluruh dunia. Namun sejumlah wilayah ini memiliki budaya dan tradisi yang tidak biasa.

Dilansir dari berbagai sumber, Makassar Terkini telah merangkum beberapa budaya yang lain dari yang lain:

1. Kanibalisme
Kanibalisme adalah praktik yang dilakukan dengan cara memangsa sesama manusia. Kanibalisme adalah bentuk primitif Nekropagi yang jauh lebih kejam dan mengerikan. Di Nekropagi, manusia yang dimakan adalah manusia yang telah lama meninggal. Namun kanibalisme tidak mengenal ampun, tidak peduli sang korban sudah meninggal atau masih hidup, ia bisa langsung dimangsa. Di Indonesia sendiri, suku yang melakukan praktik itu adalah suku Korowai, Papua Tenggara.

Kanibalisme, salah satu suku yang melakukan praktik ini adalah suku Korowai, Papua Tenggara. Gambar Totaltren

2. Menari Bersama Mayat
Penduduk di beberapa wilayah Madagaskar masih melakukan budaya seram ini, yaitu menari bersama mayat. Menurut kepercayaan penduduk, jika jasad orang yang sudah meninggal terurai dengan cepat, maka arwahnya juga akan segera mencapai akhirat. Ritual menyeramkan ini dilakukan setiap 2 hingga 7 tahun sekali. Makam jenazah digali untuk diajak menari bersama seolah-olah ia masih hidup.

Menari bersama mayat salah satu budaya ritual yang dilakukan suku di Madagaskar. Gambar : Yudhe

3. Scarification
Scarification adalah sebuah ritual yang dilakukan dengan mencakar, menggores, mencap, dan bahkan memotong kulit untuk mengubah bentuk tubuh. Ritual ini dilakukan oleh Suku Kaningara, Papua, Indonesia. Ritual ini dilakukan untuk mempererat hubungan mereka dengan lingkungan, sekaligus sebagai bukti kedewasaan.

Scarification, budaya dengan ritual ini dilakukan suku Kanigara, Papua. Gambar : Dailymail

Baca juga:

4. Vine Jumping
Dilaksanakan di Kepulauan Pasifik, desa Bunlap, ritual ini dilakukan dengan bernyanyi dan menari bersama hingga ada relawan yang mengikat tanaman merambat di kakinya lalu melompat dari menara kayu. Ritual ini dilakukan tanpa pengaman yang baik dan resiko yang membahayakan nyawa. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, semakin tinggi jarak lompatan seseorang, maka semakin besar berkah yang dia dapatkan dari sang dewa.

Ritual Vine Jumping, dilakukan di Kepulauan Pasyfik, desa Bunlap. Gambar : Daily Mail

5. Pemakaman Langit
Kaum Buddha di Tibet memiliki budaya unik tersendiri yang mereka sebut dengan Jhator atau Sky Burial. Menurut kepercayaan kaum Buddha, jasat manusia tidak perlu dipertahankan karena adanya siklus reinkarnasi. Ritual ini dilakukan dengan membawa tubuh orang yang sudah meninggal ke ketinggian. Mayat ini nantinya dipotong dan diberikan kepada burung pemakan bangkai.

Pemakaman langit,dinamakan Jhator atau Sky Burial dilakukan oleh Kaum Budha. Gambar : Liputan6

Itulah beberapa budaya yang tak lazim. Bagaimana pendapatmu?

Komentar

Rekomendasi

Cara Unik Dokter di Makassar Cukur Rambut di Tengah Pandemi Covid-19

Tinggal di Gubuk Reot, Daeng Sialle Sekeluarga Butuh Uluran Tangan

Universitas Kebangsaan Malaysia, Setengah Abad Perguruan Tinggi untuk Memartabatkan Bahasa Melayu

Pandemi Covid-19, Kajati Sulsel dan BNI Kunjungi Warga Kurang Mampu

[Cerpen] KKN di Tanah Majis Beradat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar