Ini Cara Mengamankan Data Pribadi Dari Pinjaman Online Ilegal

Terkini.id, Jakarta – Jika Anda sedang merasa kesulitan dalam segi finansial, sepertinya pinjaman online merupakan suatu solusi, sekaligus kabar baik untuk Anda. 

Apalagi bila persyaratan pinjaman online itu terbilang mudah, dan pencairan dananya yang terkesan cepat. Meskipun pinjaman online ini digemari oleh banyak orang, tapi Anda juga perlu hati-hati saat hendak menggunakan pinjaman online.

Hal ini dikarenakan, banyak data pribadi di dalamnya yang dijadikan sebagai syarat pinjaman online. 
Padahal adapun kemungkinan juga, pihak pinjaman online yang Anda ikuti bukanlah pinjaman online yang terpercaya, lalu bagaimana? Maka berikut ini ada beberapa cara untuk mengamankan data pribadi dari pinjaman online illegal!

1. Pilih Pinjaman Online yang Sudah Terdaftar di OJK

terkiniid_gambar_1_duniafintech.com_.jpg

Tidak semua pinjaman online yang ada di masyarakat memiliki izin resmi. Yang berarti pinjaman-pinjaman online tersebut bisa luput dari pengawasan pihak yang berwenang. Jadi, pastikan pinjaman online yang Anda gunakan ini sudah terdaftar di OJK. Selain untuk melindungi data diri Anda, maka biasanya juga mereka memiliki bunga yang tidak lebih tinggi, dari yang ilegal biasanya.

2. Baca Baik-Baik Ketentuan dan Syaratnya

Karena hal pinjam-meminjam uang adalah suatu kegiatan yang harus diperhatikan dengan benar. Salah satunya adalah tentang ketentuan dan syarat-syaratnya. Maka Anda perlu mengecek dan pahami tentang ketentuan dan syarat yang berlaku. Jangan sampai Anda mudah tergoda dengan bonus-bonus yang diberikan.

Menarik untuk Anda:

Baca baik-baik terlebih dahulu, apakah ada ketentuan-ketentuan yang tidak wajar. Jika Anda menemukan ketentuan atau syarat yang tidak wajar, serta bonus yang terlalu berlebihan, sebaiknya Anda urungkan niat untuk meminjam uang dari pinjaman online tersebut, ya!

3. Unduhlah Aplikasi Pinjaman Online dari Sumber Resmi

(Pinterest.com)

Lebih baik Anda mengunduh aplikasi pinjaman online dari Play Store ataupun App Store yang sudah terjamin keamanannya, seperti pada aplikasi Tunaiku. Karena jika Anda nekat asal saja, ketika mengunduh aplikasi pinjaman online di tempat lain atau melalui web yang tidak jelas, itu malah bisa mengundang adanya peretasan. Yang nantinya data-data pribadi Anda pun, dapat pula digunakan orang lain untuk hal yang tidak-tidak.

4. Sangat Penting untuk Mengetahui Perbedaan Pinjaman Online Legal dengan Ilegal

Jika pinjaman online tersebut tergolong dalam kategori legal, maka ciri-ciri pertama yang sangat terlihat adalah, mereka masuk pula ke dalam daftar pinjaman online OJK. 

Selain itu, identitas pengurus serta alamat kantor juga jelas dan mudah untuk dilacak, itulah salah satu ciri khas dari aplikasi Tunaiku yang merupakan pinjaman online terpercaya. Maka biasanya, para peminjam yang tidak dapat melunasi lebih dari 90 hari pun, mereka akan masuk ke dalam blacklist atau daftar hitam.

Sedangkan untuk pinjaman online ilegal, jelas mereka tidak terdaftar dalam OJK. Tidak hanya kontak kepengurusannya saja yang tidak jelas, tapi bunga dan denda juga terkesan ganjil. Selain itu juga penagihan tidak dibatasi oleh waktu tertentu.

5. Perhatikan Adanya Kepastian dari Keberlangsungan Fintech

Terakhir dan yang tak kalah pentingnya yakni perhatikan adanya keberlangsungan fintech, sebab tak dapat dipungkiri juga akan bisa terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kekurangan dana, dan lain sebagainya. Maka sangat diperlukan untuk memperhatikan kelima hal-hal di atas, supaya Anda lebih tenang dan nyaman pula ketika melakukan pinjaman online.

Itulah beberapa cara supaya data diri kita tidak sembarang diretas oleh pinjaman-pinjaman online ilegal. 

Penting juga bagi Anda untuk selalu membaca informasi penting tentang hal-hal yang menyinggung pinjaman online lainnya, supaya wawasan Anda pun semakin bertambah dan mempercayai aplikasi KTA cepat terpercaya seperti Tunaiku, karena sudah terbukti keamanannya. 

Tunaiku juga termasuk dalam salah satu pinjaman online OJK sehingga kredibilitas dari aplikasi ini sangat terpercaya. Proses pengajuan kredit dan pencairan dana yang ditawarkan oleh Tunaiku juga sangat mudah dan cepat. Tidak heran jika aplikasi ini sangat sesuai untuk kreditur yang membutuhkan dana cepat dalam waktu yang mendesak. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sempat Tertunda, Hari Ini Jokowi Resmikan Penyaluran Subsidi Gaji Rp 600.000

Resmi, Uang Pecahan Rp75.000 Akhirnya Sah Jadi Alat Pembayaran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar