Ini Dia Arti Serta Alasan Mengapa Bendera Setengah Tiang Dikibarkan pada 30 September

<p>Terkini.id – Tepat pada hari ini, 30 September 2021 masyarakat Indonesia diimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang oleh pemerintah.

Namun, tahukah kamu alasan adanya imbauan agar bendera setengah tiang dikibarkan pada tanggal 30 September?

Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2009, pengibaran bendera setengah tiang dilakukan sebagai tanda berkabung.

Baca Juga: Ruhut: Demokrat AHY Kedernya Makin Terlihat Oon Hadapi Sekjen PDI...

Hal tersebut dalam artian apabila presiden atau wakil presiden, mantan Presiden atau mantan wakil presiden, pimpinan atau anggota lembaga negara, menteri atau pejabat setingkat menteri, kepala daerah, dan/atau pimpinan dewan perwakilan rakyat daerah meninggal dunia.

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim juga telah mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021.

Baca Juga: 5 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona, Xavi Hernandez Terkuat?

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2021 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan pada tanggal 1 Oktober 2021 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh.”

Imbauan tersebut tertulis dalam SE Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 yang diterbitkan oleh Nadiem Makarim pada 22 September 2021 lalu.

Sejumlah pemimpin daerah di Indonesia juga telah mengimbau warganya untuk melakukan pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk peringatan atas G30SPKI dan Hari Kesaktian Pancasila.

Baca Juga: 5 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona, Xavi Hernandez Terkuat?

Beberapa di antaranya seperti Semarang, Boyolali, Temanggung, dan Kalimantan Timur.

Dilansir dari Antara, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Isran Noor turut mengimbau masyarakat umum, instansi pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021.

Selain di Indonesia sendiri, bendera setengah tiang juga memiliki makna yang serupa bagi banyak negara di dunia.

Bendera setengah tiang dianggap sebagai simbol duka, kesedihan, dan penghormatan yang mendalam terhadap sesuatu yang melanda negara.

Bagikan