Ini Dia, Cara-Cara Menghindari Penyakit Kanker!

Terkini.id, – Secara umum, kita pasti ingin memiliki hidup yang sehat dan umur yang panjang. Oleh karena itu, kita pasti ingin menghindari penyakit yang bisa menyebabkan kematian, salah satunya adalah penyakit kanker. Ada banyak cara untuk mencegah dan menghindari terkena penyakit kanker.

Berikut ini adalah cara-cara untuk menghindari penyakit kanker

1.  Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat membantu menghindari tubuh dari penyakit. Sumber: pexels.com

Makanan adalah salah satu hal yang kita butuhkan sebagai manusia untuk bertahan hidup, tapi ada makanan dan hal yang kita konsumsi membuat tubuh menjadi tidak lebih sehat  seperti daging olahan, alkohol berlebihan, tembakau  dan lemak binatang.

Makanan yang tidak sehat seperti di atas itu dapat meningkatkan peluang mendapatkan kanker, terutama kanker usus besar, kanker pankreas dan kanker prostat.

Beberapa makanan yang baik untuk menghindari kanker adalah makanan yang sehat seperti buah – buahan, sayur mayur dan makanan yang mengandung banyak vitamin.

Terdapat juga diet khusus yang menjauhkan tubuh dari penyakit kanker. Salah satunya “Mediterranean Diet” adalah diet yang menukar makanan – makanan kurang sehat ke makanan yang lebih sehat, misalnya menggantikan ikan dari pada daging merah dan buah – buahan dari pada makanan cepat saji.  

2. Rutin berolahraga 

Berolahraga menyehatkan tubuh. Sumber: pexels.com

Berolahraga sudah dikenal untuk membantu meningkatkan kesehatan, selain membantu seseorang untuk menjaga berat badan, berolahraga juga dapat membantu kita untuk menghindari penyakit kanker.

Berolahraga membantu kita mengurangi lemak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pencegahan kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar dan ginjal.

Olahraga yang direkomendasikan adalah paling tidak 30 menit berolahraga dalam sehari atau 150 menit dalam 1 minggu.

Suatu studi telah menganjurkan olahraga untuk pencegahan kanker. Dengan berolahraga kita dapat mengurangi 30% dari peluang mendapatkan kanker.

Orang yang kurang melakukan aktifitas fisik dapat  terancam risiko lebih besar hingga sekitar 20–30% peluang terkena kanker.

1 2 3
Selanjutnya
Bagikan