Ini Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Menjalani Proses Kuret

Kuret
Ilustrasi proses Kuret

Terkini.id – Kuret atau kuretase adalah sebuah tindakan medis untuk mengeluarkan jaringan atau sisa jaringan dari dalam rahim. Jaringan bisa berupa janin yang mengalami abortus, endometriosis, atau sisa plasenta yang tertinggal seusai persalinan.

Kuret perlu dilakukan supaya rahim berhasil dari jaringan yang tidak semestinya bahkan tumbuh di dalamnya. Jika rahim tidak dibersihkan, akan memunculkan gangguan seperti nyeri dan pendarahan.

Memang, ada obat yang bisa menghentikan perdarahan, namun sewaktu-waktu perdarahan bisa muncul kembali. Perdarahan yang terlalu banyak dapat membahayakan keselamatan jiwa ibu. Belum lagi risiko lain, infeksi misalnya.

Kuret
Proses Kuret

Tidak hanya untuk membersihkan rahim, kuret pun dilakukan bisa karena alasan penegakkan medis. Contoh, seorang wanita sering mengalami perdarahan di antara dua masa menstruasi.

Perdarahan yang tidak semestinya ini harus didiagnosa lewat USG. Namun USG terkadang tidak tak bisa menjawab terjadinya perdarahan.

Menarik untuk Anda:

Untuk menegakkan diagnosis maka bisa dilakukan kuret guna mengambil sedikit jaringan yang ada di dalam rahim. Jaringan tersebut lalu periksa di dalam laboratorium sehingga dapat diketahui penyebab utamanya, apakah kanker atau yang lainnya.

Kuret
Ilustrasi proses Kuret

Kuret merupakan tindakan operasi yang resikonya tergolong tinggi. Karena itu, saat memutuskan untuk kuret, ibu harus memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi yang baik dan dokter yang benar-benar berkompeten.

Hindari orang yang hanya mengaku-nyaku saja kalau dia mahir menguret padahal tidak dibekali pendidikan yang cukup dalam bidang kuretase. Misalnya, dukun beranak atau oknum dokter yang melakukan malapraktik pengguguran kandungan.

Padahal yang berkompoten melakukan kuret adalah dokter ahli kandungan dan kebidanan. Sudah dibekali ilmu tentang kuret, jadi seharusnya setiap dokter kandungan mampu melakukannya dengan baik.

Penulis : Salmawati

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sayur Ini Harus Segera Dimakan Jika Tidak Menjadi Racun

Simak Tips Agar Tetap Aman Covid-19 di Pusat Kebugaran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar