Ini Kata Guru Besar Unhas,Permasalahan Pembangunan di Indonesia Sangat Kompleks

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar – Kuliah umum yang dilaksanakan di Auditorium Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak, Papua, Jl.S.Condronegoro, Kel. Samofa, Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor, Sabtu, 21 September 2019 Siang.

Dengan tema “Pendekatan Pembangunan Untuk Indonesia  Perspektif Politik Pembangunan Dan Birokrasi” kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Rektor Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak Papua Drs. Djamil Hasim M.Si.

Terpisah disampaikan, Guru Besar Universitas Hasanuddin Makassar sekaligus Ketua Program Studi Administrasi Publik S3 Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar Prof. DR. Rakhmat, MS, yang membawakan kuliah umum menjelaskan bahwa permasalahan pembangunan di Indonesia sangat kompleks.

“Diantaranya permasalahan kemiskinan dan kesenjangan; permasalahan pangan, pendidikan dan kesehatan; permasalahan sumber daya manusia; permasalahan infrastruktur dan permasalahan kesejahteraan,” ungkap Guru Besar Unhas ini.

Ia mencontohkan “Permasalahan Sumber Daya Manusia” dimana suatu bangsa dikatakan maju dan disegani oleh bangsa lain ketika memiliki Sumber Daya  Manusia yang maju seperti Jerman, Jepang dan Singapure.

Baca juga:

“Untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas maka yang perlu diperhatikan adalah pendidikannya (education) dan untuk mencapai itu maka pemerintah harus konsen dengan pendidikan dalam rangka mendorong SDM yang unggul,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa Pendekatan Pembangunan dalam perspektif politik pembangunan yang dapat dilaksanakan antara lain.

“Pendekatan berkelanjutan dan berkeadilan, Pendekatan ekonomi dan politik, Pendekatan sosial budaya dan Pendekatan integral dan konektifitas,” tuturnya.

Kegiatan ini diikuti 443 mahasiswa IISIP Yapis Biak terdiri dari semester 1 dan semester 7  yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Periode 2019-2020.

Komentar

Rekomendasi

DPC PKB Kabupaten Bone Minta Pemda Perhatikan Pendidikan Pondok Pesantren Ditengah Wacana New Normal

Peduli Masyarakat Kecil Terdampak Pandemi Covid-19, Lembaga Metamorfosis Bersama Tump Clothing Bagikan Sembako dan Masker.

Mangatas Tambunan, Capai Angka 203 Jenasah Terduga Covid-19 Ini Warning

BBKSDA Sulsel Gelar Webinar Meretas Jalan Satwa Liar Kembali ke Alam Dimasa Pandemi

Cek Fakta, Sempat Viral di Medsos Ini Akhirnya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar