Ini makna pesta adat Mappadendang di Barru

Mappadendang adalah kegiatan rutin satu kali dalam setiap setahun untuk mengungkapkan rasa syukur atas apa yang telah diraih selama masa panen padi, termasuk keterkaitannya dengan pertanian seperti jelang musim tanam dan lainnya. / Ana

Barru – Pesta adat Mappadendang yang dilaksanakan di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Kamis 13 April 2017 memiliki arti sendiri bagi masyarat Bugis-Makassar, khususnya yang berdomisili di Barru.

Mappadendang adalah kegiatan rutin satu kali dalam setiap setahun untuk mengungkapkan rasa syukur atas apa yang telah diraih selama masa panen padi, termasuk keterkaitannya dengan pertanian seperti jelang musim tanam dan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan seorang warga Lampoko, Muhammad Asran saat ditemui di sela acara.

"Kegiatan sebagai bentuk rasa syukur kami atas hasil panen yang telah diperoleh petani setiap tahunnya, termasuk di 2017 ini,” ujarnya.

Asran menambahkan, selain ungkapan syukur kegiatan juga sebagai ajang silaturahmi antarwarga, juga terhadap pemangku adat di Lampoko.

"Tetapi, acara ini bukan hanya ditujukan khusus untuk warga Lampoko saja, namun ada beberapa keluarga dan kerabat yang berasal dari luar desa ini. Mereka semua bisa ikut berpartisipasi sehingga terjalin hubungan silaturahin dengan semua warga,” imbuhnya.

Ia berharap, budaya yang ada di Barru saat ini perlu menjadi perhatian semua pihak agar dapat tetap lesatari. Pasalnya, kebudayaan seperti Mappadendang merupakan salah satu khazanah budaya yang diniscaya dapat menjadi pemersatu warga.

 "Melalui budayalah kita bisa saling menyatu dan bersama seperti ini. Sehingga, budaya memang perlu terus dikembangkan," ujar Asran.

Menurutnya, melalui budaya masyarakat bisa bersatu, dan gotong royong bersama untuk memajukan daerah.

Ana

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Barru

Hasnah Syam Optimis Tembus Senayan

Terkini.id,Barru - Pasca proses Pemilihan Calon Anggota DPR RI dari Wilayah Pemilihan Sulsel II membuat sejumlah kandidat mulai berspekulasi terkait pemenangan masing-masing calonnya yang