Ini Rahasia Mengapa Musik Korea Banyak Digemari Milenial

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
ilustrasi/foto:soompi.com

Korea salah satu negara yang semenajung antara tiongkok dan jepang. Korea terbagi jadi dua Republik Korea (Korea Selatan) dan Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) setelah perang dunia II tahun 1945. Korea merupakan salah satu negara jajahan Jepang.

Korea Utara dikuasai oleh rusia sedangkan Korea Selatan dikuasai oleh Amerika Serikat. Korea utara mewarisi sebagian industri, pertambangan dan lebih dari 80% pembangkit listrik.

Setelah perang dunia berakhir, tentara Amerika masih banyak di Korea Selatan hal ini budaya Amerika mulai masuk.

Awalnya musik genre trot atau dangdut Korea selatan ini merupakan bawaan dari negara jepang tetapi pada tahun 1960an amerika mulai diterima oleh masyarakat Korea Selatan.

Lee Soo Man adalah dulunya seorang penyanyi debut pada tahun 1972, Lee Soo Man memulai karirnya seorang penyanyi kafe  dan pada tahun 1980 Lee Soo Man membentuk bandnya “Lee Soo Man and 365 days” tetapi tidak bertahan lama sebab korea pada saat itu sangat ketat terhadap sensor media.

Menarik untuk Anda:

Akhirnya Lee Soon Man menempuh pendidikannya di Amerika untuk mengambil gelar Master dan ia melihat perkembangan musik video Korea Selatan. Lee soon man akhirnya tertarik dengan industri musik korea selatan dan membentuk sebuah Agensi SM Entertainment

Ternyata, jenis musik yang unik itu sangat digemari oleh warga Korea Selatan. Selama tahun 1990-an, banyak grup yang terbentuk selain Seo Taiji and the Boys, baik boygroup maupun girlgroup.

Mereka semua langsung mendapatkan popularitas, namun sayangnya banyak dari grup tersebut yang sudah bubar.

Pada tahun 1996, salah satu personel Seo Taiji and the Boys yaitu Yang Hyun Suk mendirikan sebuah agensi musik lainnya yaitu YG Entertainment.

Tahun 1997, Jin Young Park, salah satu penyanyi di Korea Selatan, mendirikan JYP Entertainment yang kemudian menjadi Big Three bersama dengan YG Ent. dan SM Ent

Pada tahun 1998, SM. Ent. mengirimkan artis-artisnya untuk debut di Cina dan Jepang. Mereka bernyanyi dengan menggunakan bahasa Cina dan Jepang, namun musik dan gayanya masih mengikuti K-Pop.

Ternyata mereka disambut dengan baik oleh kedua negara tersebut. Kwon Boa, seorang penyanyi solo, adalah idol Korea Pertama yang berhasil merajai Oricon Chart di Jepang tahun 2002.

Selama 2002–2007, Boa berhasil menempatkan keenam albumnya di chart. Sedikit banyak, kesuksesan Boa inilah yang mengantarkan K-Pop untuk semakin dikenal di dunia.

Mulai tahun 2010, akhirnya mulai banyak lagu-lagu idol Korea Selatan lainnya yang berhasil masuk ke Oricon Chart, seperti TVXQ, SNSD, dan KARA. Bahkan, TVXQ yang beranggotakan dua orang, yaitu Shim Changmin dan U-Know Yunho, menorehkan rekor dalam jumlah penonton.

Rangkaian tur TVXQ bertajuk Begin Again yang dilaksanakan di Jepang dan selesai pertengahan tahun 2018 lalu mampu mendatangkan satu juta penonton.

Perolehan ini sekaligus membuat TVXQ sebagai artis di luar Jepang satu-satunya yang mampu mendatangkan satu juta penonton dalam satu rangkaian tur.

Kini musik mulai berkembang dan sudah banyak musisi penjuru dunia menggeluti musik modern. Di Indonesia musik modern kini sangat melekat ditengah masyarakat terutama musik dari negeri gingseng sangat populet di Indonesia. Inilah deretan musik korea yang sangat popular:

  1. How you like that – Blackpink
  2. Secret Story of the Swan – IZ_ONE
  3. eight – (Prod.&Feat. SUGA of BTS) IU
  4. MORE & MORE – TWICE
  5. Nonstop – Oh My Girl
  6. Any song – Zico
  7. Dolphin – Oh My Girl
  8. GANG – Rain
  9. GANG – -Official RemixpH-1, Sik-K, Jay park, HAON
  10. Leo – (feat. BAEKHYUN)-Bolbbalgan4 (Bolbbalgan Sa-chun-gi)
  11. Blueming – IU

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Setelah Empat Tahun, Akhirnya Insentif Guru Ngaji Cair, Muzayyin: Tugas Kita Melayani Rakyat

PW Salimah Sulsel akan Gelar Muswil, Catat Tanggalnya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar