Ini Reaksi Hadi Pranoto Usai Klaimnya Dibantah Pemilik Izin Edar Bio Nuswa

Hadi Pranoto mengklaim Bio Nuswa. (Foto: Detik)

Terkini.id, Jakarta – Klaim Hadi Pranoto yang mengaku bahwa antibodi produk Bio Nuswa bisa menyembuhkam Covid-19 dan sudah mendapat izin edar dari BPOM dibantah dengan tegas oleh pihak pemilik izin edar Bio Nuswa, PT Sarakamandiri Semesta.

Pihak Bio Nuswa menyebut produk tersebut hanya untuk membantu memelihara daya tahan tubuh dan bukan menyembuhkan pasien Covid-19.

“Klaim untuk produk “BIO NUSWA”dengan Nomor Izin Edar POM TR203636031 yang kami daftarkan yaitu membantu memelihara daya tahan tubuh, bukan menyembuhkan pasien yang terpapar virus covid-19 seperti di beberapa pemberitaan belakangan ini,” demikian rilis dari pihak PT Saraskamandiri Semesta selaku pemilik izin edar Bio Nuswa, Rabu, 5 Agustus 2020 seperti dikutip dari detikcom.

“Kami harapkan dengan adanya klarifikasi ini, dapat menyelesaikan pemberitaan yang menyimpang di masyarakat. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih,” sambung rilis tersebut.

Maka dari itu, pihak Bio Nuswa mengimbau kepada masyatakat agar berhati-hati jika mendapatkan produk yang mengatasnamakan produk mereka dengan nomor izin BPOM yang berbeda.

Menarik untuk Anda:

“Jika terdapat produk “BIO NUSWA”atau produk lain yang mencantumkan Nomor Izin Edar POM TR203636031 beredar di pasaran, maka dapat kami pastikan bahwa produk tersebut bukan merupakan produksi PT Sarakamandiri Semesta, sehingga kualitas dan keaslian produk tersebut bukan tanggung jawab kami,” ujarnya.

Menanggapi bantahan dari pemilik izin edar Bio Nuswa tersebut, Hadi Pranoto pun enggan berbicara banyak.

“Ya nggak usah terlalu dini lah, kita jangan konsen begitu dong. Teman-teman jangan ngorek-ngorek gitu, dong. Harusnya kita punya etika, kita punya privasi,” kata Hadi Pranoto, Rabu, 5 Agustus 2020 seperti dikutip dari detikcom.

Menurutnya, semua pihak seharusnya berfokus ke obat herbal temuannya itu. Ia pun meminta untuk menyudahi pembicaraan ini.

“Kita konsen aja sama herbal yang saya bawa, jangan ngorek-ngorek begitu, dong. Iya, iya, ya sudah saya izin sebentar ya,” ujar Hadi Pranoto.

Sebelumnya, Hadi Pranoto mengklaim bahwa obat herbal Covid-19 temuannya terdaftar di BPOM dengan nama Bio Nuswa.

Namun, PT Saraka Mandiri Semesta selaku perusahaan yang mendaftarkan Bio Nuswa ke BPOM mengaku tidak mengenal Hadi Pranoto.

“Jadi saya tegaskan bahwa yang namanya Pak Hadi Pranoto atau Anji yang memviralkan ada temuan obat herbal segala macam untuk bisa menyembuhkan Covid-19, kami nyatakan kami belum pernah ketemu, belum pernah ada tatap muka, belum ada berdiskusi,” kata Direktur Utama PT Saraka Mandiri Semesta Gucci Andrianno.

Hadi Pranoto, kata Gucci, tidak memiliki jabatan struktural di perusahaan yang dikelolanya.

Oleh karenanya, ia menegaskan klaim Hadi Pranoto tersebut merupakan klaim sepihak ke produk yang didaftarkannya ke BPOM.

“Dia (Hadi Pranoto) klaim sendiri (Bio Nuswa). Kami menyatakan bahwa kami belum pernah memproduksi atau tidak pernah, berarti tidak pernah itu tidak sama sekali memproduksi produk (Bio Kuswa) ini,” tegas Gucci.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tiga Remaja Terciduk Warga Hendak Threesome di Kandang Ayam

KAMI Jateng: Kalau Rezim Sekarang Dinilai Baik, Mereka yang Setuju Buta dan Tuli

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar