Ini tokoh-tokoh yang berpengaruh besar terhadap ekonomi dunia

Adam Smith

Terkini.id, – Mempelajari ekonomi merupakan hal yang cukup menarik karena ekonomi membahas tentang kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan persediaan faktor-faktor produksi terbatas. Hingga ekonomi dijuluki dengan kata  The Queen of  Social yang berarti ratu ilmu social.

Disebut ratu ilmu sosial karena  mengurusi segala bentuk aktifitas-aktifitas manusia di bumi. Selain mempelajari tentang bentuk aktifitas manusia, dalam ekonomi perlu juga kita ketahui siapa tokoh-tokoh yang berperan dalam ekonomi. Berikut ini tokoh-tokoh yang memiliki peranan penting dalam dunia ekonomi seperti dilansir dari berbagai sumber.

Aristoteles

Aristoteles

Aristoteles lahir di kota Stagira 384 SM, dia adalah filsuf yunani, murid dari plato, ia dikenal sebagai bapak ekonomi. Aristoteles adalah orang pertama yang berpendapat bahwa jika kita ingin uang yang kita miliki aman maka harus disimpan dalam sebuah meja. Dan ternyata meja yang dimaksud oleh Aristoteles adalah bank.

Dalam bukunya “Negara”, Aristoteles membedakan oikonomie (yang mempelajari cara-cara mengatur rumah tangga) dan Chrematistie (yang mempelajari aturan-aturan pertukaran). Dan sebenarnya dapat pula dianggap sebagai pelopor Ekonomi Teoritika.

Menurut Aristoteles, kepala keluarga berusaha agar terdapat pemenuhan kebutuhan sebaik-baiknya dalam lingkungan rumah tangganya. Bilamana Oikos (rumah tangga) yang satu, mempunyai benda tertentu dalam jumlah lebih, maka adalah logis bahwa benda tersebut ditukar dengan benda-benda surplus oikus lainnya.

Begitu pula Aristoteles mengadakan perbedaan antara nilai pakai dan nilai tukar dengan manyatakan bahwa sepasang sepatu dapat digunakan (dipakai), tetapi dapat pula digunakan untuk ditukar.

Anggapan selanjutnya adalah bahwa baik uang maupun pertukaran yang dimungkinkan oleh uang adalah esensial bagi kehidupan masyarakat. (kita dapat membayangkan sendiri kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh suatu barter ekonomi).

Aristoteles menguraikan uang sebagai benda yang semula diidamkan oleh setiap orang, karena kemungkinan penggunaan-penggunaan yang langsung, dan dengan diterima sebagai suatu alat pertukaran, disebabkan karena semua orang mempunyai kepastian bahwa uang tersebut dapat dialihkan pihak lain, akan tetapi ia menekankan bahwa usaha untuk mencapai uang janganlah dijadikan tujuan. Seperti halnya dalam hubungan membeli dan menjual, bahkan secara lebih spesifik dalam hal meminjamkan uang dengan mendapat bunga modal. Pandangan modern kini adalah bahwa ilmu ekonomi, merupakan sebuah ilmu pengetahuan otonom.

Ilmu pengetahuan sosial kini bersifat faktual secara teknis. Sedangkan konsepsi kuno, pada garis besarnya bersifat filosofis, artinya diorientasikan ke arah keseluruhan, dan ditujukan ke arah usaha untuk menentukan suatu metode guna mengorganisasi masyarakat dengan bijaksana.

Jhon Maynard Keynes

John Maynard Keynes

Lahir 5 juni 1883 di Cambridgeshire dan meninggal 21 april  1946 di Tilton. Keynes terkenal dengan julukan bapak ekonomi makro karena Ia lebih cenderung membahas aktifitas ekonomi makro.

Pendapat John Maynard Keynes tentang perekonomian bertolak belakang dengan ekonomi laissez faire yang dianut oleh Adam Smith yang berkeyakinan bahwa pasar dan sektor swasta dapat berjalan tanpa campur tangan pemerintah.

Menurutnya, kebijakan pemerintah dapat digunakan sebagai modal investasi dan kondisi perekonomian akan kembali ke tingkat normal. Selain itu ia juga berpendapat bahwa kebijkan pemerintah juga dapat meningkatkan permintaan pada level makro untuk mengurangi pengangguran dan deflasi.

Adam Smith

Adam Smith

Adam smith lahir di Skotlandia, 5 Juni 1723 meninggal di Edinburgh, Skotlandia 17 Juli 1790. Ia merupakan seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern.

Adam Smith terkenal dengan sebutan tokoh ilmu ekonomi dan bapak ekonomi mikro (pada abad ke 17) dan merupakan orang pertama yang pernah menulis buku pada tahun 1776 yang menggambarkan sejarah perkembangan industry dan perdagangan bebas yang sangat terkenal dengan judul The Wealth Of Nation.

Dalam buku tersebut terdapat kalimat yang sangat menarik yaitu The Teory Of Invisible Hand yang berarti si tangan Tuhan. Maksud dari kata si tangan Tuhan adalah hal-hal yang tidak masuk akal bisa terjadi, karena semua dibawa ke dalam logika pasar.

Adam Smith berpendapat bahwa biarkan masyarakat yang menentukan kebutuhannya sendiri dan apa yang akan diproduksi tanpa ada campur tangan pemerintah didalamnya. Pada saat itulah terjadi kebebasan individu dalam kegiatan ekonomi.

Selain terkenal sebagi tokoh ilmu ekonomi Adam Smith juga dikenal sebagai bapak kapitalisme. Kapitalisme itu sendiri merupakan sebuah sistem yang mencakup hubungan-hubungan pemilik modal besar yang sampai saat ini eksistensinya sangat berpengaruh terhadap perekonomian beberapa negara khususnya di Indonesia. Sehingga muncul kalimat yang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin karena hanya orang orang bermodallah yang mampu menguasai perekonomian.

Pandangan lebih spesifik mengenai kapitalisme mengharuskan Negara pada pasar dan membatasi intervensi pemerintah jika terjadi kegagalan pasar melalui tindakan yang terukur dan terkontrol.

Berita Terkait
Komentar
Terkini