Inilah 4 suku yang paling mistis dan misterius di Indonesia

Inilah 4 suku yang paling mistis dan misterius di Indonesia. (foto/sondakika.com)

Terkini.id, – Dari Sabang sampai Marauke, tanah air Indonesia memiliki ratusan suku bangsa. Suku-suku ini tinggal dan membentuk peradaban yang besar hingga bertahan sampai sekarang.

Selain suku-suku yang terdaftar, konon ada suku gaib yang juga tinggal di Indonesia. Suku-suku itu kadang tampak dan kadang menghilang begitu saja hingga menjadi misteri.

Kisah tentang suku gaib ini akhirnya diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya hingga bisa bertahan hingga sekarang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 4 suku gaib yang konon keberadaannya ada di Indonesia.

1. Orang Bunian

(foto/sondakika.com)

Suku Bunian atau Orang Bunian adalah nama yang mungkin sangat asing bagi kita. Namun jika anda pergi ke Kalimantan, tepatnya di daerah bagian Barat, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang lazim dibicarakan.

Bunian secara umum sering didefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut. Mereka ini dikenal sakti dan katanya sering membantu manusia.

Ya, tak seperti makhluk halus kebanyakan, Bunian ini sering menciptakan cerita-cerita yang bagus. Entah mereka yang membantu manusia saat tersesat di hutan, memberi petuah-petuah, sampai melibatkan dirinya dalam perang-perang. Tapi, meskipun begitu, bagaimana pun juga Bunian adalah makhluk halus yang tak bisa diterka keinginannya.

2. Suku Bati

(foto/blogspot.com)

Pulau Seram menyimpan misteri tentang sebuah kelompok makhluk misterius bernama Bati. Masyarakat setempat begitu takut dengan Bati lantaran mereka kerap menculik anak-anak untuk disantap.

Makhluk ini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan memiliki sayap sangat lebar berwarna hitam. Sekilas, Bati mirip sekali dengan manusia kelelawar yang terbang di angkasa.

3. Suku Limun

(foto/famous.id)

Suku ini dipercaya menghuni wilayah Padang 12 yang berada di Kalimantan Barat. Padang 12 adalah lahan kosong yang ditumbuhi banyak pohon pinus. Namun, kawasan tersebut dianggap mistis karena keberadaan suku ghaib ini.

Orang Limun adalah suku ghaib yang hanya orang-orang terpilih saja yang bisa melihatnya. Berbeda dengan suku ghaib lain, suku Limun merupakan suku ghaib yang baik dan tidak mencelakakan orang lain.

Konon, mereka adalah orang yang taat beribadah dan sangat suci. Ada juga yang menyebutnya kalau mereka adalah bangsa jin Muslim. Suku Limun diyakini sering menolong dan memberi rezeki kepada manusia yang kesusahan.

4. Suku Paloh

(foto/forum.paradoxplaza.com)

Selain suku Limun, di Kalimantan Barat juga ada satu suku gaib yang tidak kalah terkenal dan menariknya untuk Anda simak, yaitu suku gaib yang bernama suku Paloh yang mendiami pedalaman hutan di desa Paloh, Kabupaten Sambas.

Lokasi dari suku Paloh tinggal sangat sangat dekat dengan perbatasan negeri Malaysia, di wilayah tersebut suku gaib ini mendirikan sebuah kerajaan yang katanya sangat besar. Suku Paloh dipercaya memiliki sebuah peradaban yang sama layaknya dengan peradaban manusia.

Kebiasaan buruk dari suku Paloh adalah sering menculik orang-orang ataupun penduduk di sekitar tempat mereka tinggal.

Cerita di Paloh yang hingga saat ini menjadi misteri adalah hilangnya pesawat TNI AU sekitar 1970. Pesawat ini tiba-tiba hilang tanpa jejak sewaktu melewati wilayah Negeri Paloh.

Para ahli spiritual lewat penerawangannya mengatakan para awak dan penumpang pesawat tidak meninggal. Mereka diselamatkan oleh penghuni Negeri Paloh dan menetap di sana.

Berita Terkait
Komentar
Terkini