Travel

Inilah 5 Tempat Wisata Alam di Madiun yang Paling Eksotis

Kota Madiun. Sumber : ngopibareng.id

Terkini.id, – Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghilangkan penat dan mengurangi stres; salah satunya dengan liburan ke Madiun. Di sekitar Kota Madiun, banyak tempat wisata alam yang memiliki lanskap mengagumkan. Sebagai referensi, Anda dapat mengunjungi objek wisata berikut ini.

1. Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape. Sumber : Kaskus.co.id

Terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, Wisata Alam Grape menyuguhkan panorama Gunung Wilis dan hutan jati yang menakjubkan. Sepanjang jalan menuju Wisata Alam Grape, Anda akan disuguhi pemandangan sawah, pohon kakao, serta aliran sungai nan jernih. Nah, Wisata Alam Grape berada di kawasan BKPH Brumbun, RPH Kresek, dan KPH Madiun.

Selain memiliki lanskap alam yang indah, Wisata Alam Grape juga menghadirkan fasilitas outbond, seperti flying fox dan meniti jembatan. Anda pun bisa bermain arung jeram atau menyewa sepeda untuk menyusuri kawasan wisata. Kalau tertarik, cobalah menjelajahi bendungan dengan terowongan sepanjang 100 meter.

2. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus. Sumber : Tempat.me

Lokasi Waduk Kedungbrubus berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Madiun. Untuk menuju ke sana, Anda perlu waktu sekitar 1 jam 3 menit. Perjalanannya memang cukup jauh dan melelahkan. Namun, semua itu akan hilang jika Anda melihat keindahan pemandangan di Wadung Kedungbrubus.

Baca :Ini 5 spot alam favorit di dunia, pelepas kejenuhan kerja

Waduk Kedungbrubus dikelilingi pepohonan hijau dan rindang. Dari kejauhan, tampak perbukitan yang membiru. Langit di tempat ini pun terlihat cerah, luas, serta teduh. Aliran air di waduknya begitu tenang dan jernih. Tidak ketinggalan, Gunung Wilis tinggi menjulang terlihat dari tepian waduk.

3. Waduk Bening Widas

Waduk Bening Widas. Sumber : madiunpunyakita

Waduk Bening Widas yang terletak di perbatasn Kabupaten Madiun dan Nganjuk ini menawarkan objek wisata perairan. Anda bisa memancing, bermain kano, atau sekadar berkeliling waduk dengan perahu. Di sini juga terdapat kios, taman bermain, dermaga, dan rumah makan untuk menikmati santapan khas Madiun.

4. Situs Nglambangan

Situs nglambangan. Sumber : teluklove.com

Situs Nglambangan merupakan objek wisata sejarah sekaligus rekreasi alam. Pasalnya, kawasan Nglambangan dikelilingi panorama perbukitan dan pegunungan yang memesona. Selain itu, di area ini terdapat peninggalan Kerajaan Majapahit berupa Pura Lambangsari dan Petirtaan. Ada pula Watu Dakon, Punden, sumur kuno, dan sendang. Karena itu tak mengherankan, Situs Nglambangan sering kali dijadikan tempat upacara suro agung.

5. Bumi Perkemahan Kare Kandangan

Bumi Perkemahan Kare Kandangan. Sumber : jalanwisata.id

Berlokasi di Desa Kare, Bumi Perkemahan Kandangan menjadi objek wisata alam yang paling diburu wisatawan. Pasalnya, kawasan ini memiliki lahan luas dengan panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Banyak pengunjung berkemah di tempat tersebut, terutama dari lembaga pendidikan atau sekolah.

Baca :3 wisata malam di Kota Manado

Bumi Perkemahan Kare Kandangan juga sering digunakan sebagai tempat berfoto. Latar belakang Gunung Wilis dirasa cocok untuk swafoto atau selfie. Selain itu, di sekitar Bumi Perkemahan ada vila yang dijadikan tempat edukasi bagi anak-anak. Di sini terdapat kebun binatang mini, kolam ikan, dan bangunan tradisional khas Jawa.

Nah, sekarang sudah punya pilihan, bukan? Objek wisata mana yang ingin dikunjungi. Agar Anda bisa menjelajahi seluruh tempat wisata di Madiun dan sekitarnya, upayakan menginap beberapa hari di kota ini.

Untuk menghemat biaya, carilah hotel di Madiun melalui situs atau aplikasi Airy. Di sini, Anda bisa menemukan ratusan kamar hotel bertarif terjangkau. Kamar-kamarnya dilengkapi fasilitas utama berupa TV, AC, akses internet secara gratis, kamar mandi dengan shower air hangat, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, dan air minum. Untuk membayar tagihan pesanan kamar, Anda bisa gunakan kartu kredit atau transfer ATM antarbank.