Inilah 7 jalanan paling unik di dunia, No 5 ada di Indonesia

Inilah 7 jalanan paling unik di dunia. (foto/noisebreak.com)

Terkini.id, – Setiap negara pasti memiliki jalan raya guna akses penghubung antar warga dalam wilayah negaranya. Kebanyakan di suatu negara, jalan raya ataupun jalanan dalam kompleks perumahan bentuknya lurus dan datar agar mudah diakses oleh pengguna jalan maupun kendaraan.

Namun beberapa negara juga ternyata memilki jalanan yang unik dengan pemandangan yang tidak biasanya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 jalanan unik yang ada di berbagai negara di dunia.

1. Chefchaouen, Maroko

Chefchaouen, Maroko. (foto/pinterest.com)

Buat anda yang suka dengan warna biru, anda mungkin perlu ke Maroko. Di Chefchaouen, anda akan melihat banyak jalan, dinding, dan pintu- pintu rumah penuh dengan warna biru. Para pengungsi Yahudi yang tinggal di sana sejak tahun 1930an mengecat biru semua rumah.

Pegunungan di sekitarnya dan suasana kota yang begitu santai juga menambah daya tarik Chefchaouen. Tak heran, kota ini selalu ramai dengan para wisatawan asing.

2. Atlantic Road, Norwegia

Atlantic Road, Norwegia. (foto/visitnorway.com)

Atlantic Road merupakan bentangan jembatan sepanjang lima kilometer dari jalan yang menghubungkan Molde dan Kristiansund di negeri itu. Jalanan ini terpilih sebagai konstruksi terbaik di Norwegia pada abad ini.

Baca :Warga di 9 negara ini punya cara unik merayakan Ulang Tahun

Jalan yang spektakuler dengan naik dan turunya jalan di laut pada saat pasang. Selain jalan yang luar biasa itu sendiri, pemandangan sekitarnya bisa memberikan sebuah daya tarik tersendiri.

3. Guoliang Tunnel Road, China

Guoliang Tunnel Road, China. (foto/20minutos.es)

13 warga desa setempat membangun jalanan terowongan ini hanya dalam lima tahun, lokasinya terletak di pegunungan Taihang, provinsi Hunan, China.

Banyak penduduk desa kehilangan nyawa dalam kecelakaan selama pembangunan jalanan terowongan ini, tetapi pada tahun 1977, jalan itu dibuka untuk lalu lintas.

Jalanan Terowongan ini memiliki tinggi 5 meter dan lebar 4 meter dan diukir dari gunung dengan ketinggian 1.200 meter, juga salah satu jalan paling berbahaya di dunia.

Ini adalah sebuah rute yang sangat indah dan dijuluki sebagai jalan yang tidak mentolerir kesalahan dan tujuan utama pada peta pariwisata Cina.

4. Savoy Court, Inggris 

Savoy Court, Inggris. (foto/tentik.com)

Seperti halnya Indonesia, Inggris menerapkan peraturan bagi pengguna jalan untuk berjalan di sebelah kiri. Tetapi untuk di jalan Savoy Court, Inggris mewajibkan pengguna jalannya untuk mengendarai kendaraannya di laju sebelah kanan.

Baca :5 hutan paling unik di dunia, No 4 ada di Indonesia

Jalan ini terkenal dengan adanya hotel mewah Savoy. Bundaran hotel ini lebarnya hanya 8 meter saja, maka dari itu hanya pengemudi handal saja yang bisa melewati jalan ini.

5. Kelok 9, Indonesia

Kelok 9, Indonesia. (foto/wiranurmansyah.com)

Tak hanya Amerika saja yang memiliki jalan berkelok, Indonesia pun memiliki jalan berkelok 9. Rupanya jalan ini merupakan jembatan dengan panjang 943 meter dan terdapat jalan penghubung sepanjang 2.089 meter.

Jalanan ini terletak di provinsi Sumatera yang dibangun karena kondisi jalanan tersebut sebelumnya sempit dan berkelok-kelok. Akibatnya, kendaraan besar yang melewatinya terpaksa harus banyak berhenti karena bergantian.

6. Lombard Street, Amerika Serikat

Lombard Street, Amerika Serikat. (foto/news.lewatmana.com)

Jalan di San Fransisco ini sangat terkenal karena memiliki 8 tikungan tajam dan curam. Bahkan, bagi para pejalan kaki pun, jalanan ini cukup berbahaya. Pasalnya, terdapat tanjakannya mencapai 16 derajat. Meski demikian, jalanan ini selalu ramai didatangi turis mancanegara.

7. Floating Umbrella Street, Portugal

Floating Umbrella Street, Portugal. (foto/noisebreak.com)

Jika payung di Indonesia bisa digunakan sebagai hiasan untuk destinasi wisata, lain lagi di Portugal. Mereka gunakan payung untuk hiasan jalanan umum. Sebenarnya payung-payung ini merupakan bagian dari festival seni Agitaguenda.

Baca :Tak dapat dipercaya, berat mata uang negara ini capai 50 ton

Namun, hal itu justru semakin membuat para wisatawan semakin senang, karena telah tersedia tempat teduh. Jalanan pun semakin indah karena payungnya yang berwarna-warni.

Nah itulah 7 jalan terunik di dunia. Jika anda penasaran merasakan sensasi melewati jalan-jalan tersebut, berkunjunglah ke sana, dan jangan lupa tetap berhati-hati jika berkendara agar keselamatan terjaga.