Inilah sosok dibalik kelezatan Coto legendaris Makassar, Coto Nusantara

Coto Nusantara
Inilah sosok dibalik kelezatan Coto legendaris Makassar, Coto Nusantara

Terkini.id – Siapa yang tidak kenal dengan Coto Nusantara? Yup, coto legendaris di Makassar ini didirikan oleh Haji Makmur Daeng Tutu.

Pria kelahiran Makassar ini sudah menggeluti dunia kuliner sejak tahun 1990-an. Lahir dari kelurga yang tidak memiliki apa-apa, memotivasi dirinya membuka usaha coto dan membangunnya hingga sukses seperti sekarang.

Cara Ia menjaga kualitas rasa coto nusantara agar pelanggan tidak berkurang terbilang cukup sederhana. Setiap harinya, Makmur selalu bangun pagi-pagi buta untuk mencicipi rasa sup coto yang telah ia buat.

Hal itu ia lakukan karena hanya dirinyalah yang mengetahui seperti apa rasa yang ia harapkan dari coto racikannya, apakah bumbu garamnya sudah pas atau tidak.

Coto Nusantara Makassar
Rumah Makan Coto Nusantara

Coto Nusantara terletak di Jalan Nusantara Baru no.142 dan Jalan Merpati no.2, Makassar. Coto ini berbeda dengan coto lainnya, baik dari rasa kuahnya maupun dagingnya, semua berbeda dari coto yang ada di kota Makassar.

Menarik untuk Anda:

Bahan masakan yang digunakan oleh Haji Makmur semua berasal dari bahan lokal. Untuk menggiling seluruh rempah-rempahnya, Haji Makmur tetap mengandalkan tenaga manusia. Karena alasan itulah coto nusantara sangat sulit untuk bisa buka 24 jam.

Bagi Haji Makmur, persaingan dengan coto lain tidak menjadi masalah karena coto nusantara memiliki bumbu khas yang sangat berbeda dengan coto lainnya sehingga membuatnya memiliki cita rasa tersendiri.

Biasanya, coto makassar memakai 40 rempah, tetapi pada coto nusantara, ada beberapa rempah yang tidak dipakai dalam resepnya, sehingga rasanya pun jelas berbeda.

“Konsumen yang datang itu dari semua kalangan umur, semuanya ingin memakan coto nusantara. Orang-orang yang datang juga berasal dari berbagai macam tempat, dari luar negeri maupun dalam negeri. Semua menilai coto nusantara sebagai coto terbaik yang pernah ada di Makassar. Yang tidak pernah datang ke coto nusantara pasti menyesal,” ucap Haji Mamur kepada terkini.id. Senin, 7 Mei 2018.

Coto Nusantara Makassar
Haji Makmur (tengah) bersama awak media terkini.id

Salah seorang karyawan Haji Makmur, Radar Muhidin yang sudah bekerja selama 4 tahun di Coto Nusantara mengungkapkan bahwa Coto Nusantara lebih banyak disukai kalangan anak muda.

“Sebenarnya semua tergantung rasa. Saya pun tidak pernah bosan untuk memakan coto di sini selama 4 tahun, dan semuanya terasa enak dan terus menerus enak,” ujar Radar Muhidin dengan penuh semangat.

Tantangan kedepannya bagi Coto Nusantara menurut Haji Makmur tergantung pada generasi selanjutnya, bagaimana agar bisnisnya ini bisa berkembang, karena sampai saat ini ia masih menggunakan manajemen bisnis secara tradisional.

“Daging adalah makanan yang paling banyak disukai orang Indonesia. Kalau orang barat itu tidak suka dengan daging yang lain selain daging saja karena di barat itu lebih sering memakan tenderloin sehingga semua hal yang mereka minta itu daging saja,” ungkap Haji Makmur.

Bagi pembaca setia terkini.id yang ingin merasakan nikmatnya Coto Nusantara, coto ini buka setiap harinya mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 17.30 Wita. Pemesanan Coto Nusantara via Ojek Oline (GoJek) juga tersedia jika Anda ingin menikmatinya di rumah bersama keluarga.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cerita Udin, Bisa Sekolahkan Adiknya dari Hasil Jualan Kue Tradisional Buroncong

Chef Lucky Suherman Bikin Komunitas Pelaku Kuliner, Perkuat Usaha Kuliner di Tengah Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar