Inovasi ktp elektronik Kota Parepare berbuah manis

TERKINI.id PAREPARE – Inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Parepare dalam pelayanan dokumen kependudukan menuai hasil.

Penghargaan yang didapatkan baik nasional maupun lokal membuktikan hasil kerja yang telah dilakukan.

Kepala Dinas Disdukcapil, Amran Ambar terkait inovasi yang dilakukan hampir mencakup semua lini.

“Bagaimana kami melakukan pelayanan 3 in 1, 4 in 1, bahkan 5 in 1, yaitu warga hanya mengurus akte kematian tapi kita terbitkan KK, KTP, KIA sekaligus secara gratis,” papar dia

Tidak berhenti hingga pelayanan dikantor saja, bahkan kata Amran, pihaknya juga melakukan pengantaran dokumen langsung kerumah warga. Maka tidak heran pujian bukan hanya datang dari dalam, warga dari luar juga turut mengapresiasi.

“Itulah penyebab kita mendapatkan tertinggi cakupan akte kelahiran hingga 99 persen. Bahkan sampai saat ini hanya menyisakan tidak kurang dari 500 warga saja yang belum melakukan perekaman,” tambahnya

Hal itu kata Amran berkat niat kerja ikhlas yang telah dilakukan. Apalagi adanya motivasi dari walikota Parepare HM Taufan Pawe untuk melakukan lompatan-lompatan dalam program pencapaian.

Baca :Warga binaan Pinrang belum punya KTP elektronik

“Kita berniat bekerja ikhlas dan adanya motivasi dari walikota untuk melakukan loncatan, sehingga beberapa birokrasi pelayanan yang kami putus untuk percepatan pelayanan. Misalnya untuk mengurus akta Kematian tidak perlu ke kantor lurah cukup melalui pesan singkat maka kami dapat segera melayani,” tandasnya.

Hingga kini diperkirakan jumlah warga yang telah merekam telah mencapai 96,99 persen.

PenulisArsyad