Insentif Guru Honorer Jauh Lebih Penting Ketimbang Pembangunan Rest Area

Direktorat Komunikasi Politik TKW Sulsel Jokowi-Maruf, M Rajab. /Nasruddin

Terkini.id — Rancangan Kerja Anggaran (RKA) Dinas Pendidikan Sulsel tahun 2019, ternyata tidak memasukkan insentif guru honorer atau guru bantu SMA, SMK dan SLB.

Hal itu terungkap setelah Komisi E Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Sulsel. Wakil Ketua Komisi E, Muhammad Rajab menyayangkan Dinas Pendidikan tidak menganggarkan insentif guru honorer. Pihaknya berkomitmen untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan guru honorer di Sulsel.

“Kami di Komisi E berupaya agar insentif guru honorer itu tetap di masukkan dalam RKA Dinas Pendidikan, apalagi jumlahnya 4 ribu lebih guru honorer di Sulsel,” ujar Rajab di DPRD Sulsel, Selasa 27 November 2018.

Ia menegaskan, insentif guru honorer jauh lebih penting ketimbang program-program unggulan gubernur, seperti program pembangunan rest area yang rencananya menelan anggar Rp60 miliar untuk tiga titik rest area.

“Kalau Rp9,8 triliun APBD Sulsel 2019 ini sudah terdistribusi secara keseluruhan di setiap program dan kegiatan OPD-OPD. Saya kira ada program unggulan gubernur, setidaknya perlu dipertimbangkan atau dihapus. Katakanlah seperti rest area,” ujar Juru Bicara Partai NasDem Sulsel ini.

Baca juga:

Menurutnya, rencana pembangunan rest area dinilai bukan hal yang mendesak di Sulsel. “Jangan samakan di daerah Jawa. Seperti halnya Jakarta-Bandung, rata-rata rest area itu di dalam tol, karena tol tidak bisa berhenti sembarangan, makanya dibuat rest area.

Saya ini setiap minggu pulang balik Makassar-Palopo, saya biasanya singgah istirahat di warung-warung kopi atau di SPBU. Jadi rest area di Sulsel bukan hal yang mendesak. Mending anggaran dialihkan untuk insentif guru honorer,” tegasnya.

Komentar

Rekomendasi

Pemprov Sulsel Minta Maaf Karena Jenasah PDP Negatif Covid-19 Dimakamkan Sesuai Protokol

60 Persen Peserta Wisata Covid-19 di Sulsel Dipulangkan

Gubernur Sulsel Bersyukur Bisa Salat Jumat Perdana dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Insentif Ojol Ditiadakan, Gojek: Kami Juga Rasakan Dampak Covid-19

Wakil Gubernur Sulsel Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Maccini Parang Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar