Intip Anak band yang memilih solo karir. Siapa saja mereka?

Terkini.id, Makassar – Belakangan ini belantika musik tanah air kerap kedatangan isu-isu tentang bubarnya suatu band karena disebabkan beberapa faktor. Beberapa faktornya seperti ada yang memilih pindah band dan ada juga yang memutuskan memilih solo karier. Berikut ini ada belasan anak band yang memutuskan untuk bersolo karir.

Ari Lasso (eks Dewa 19)

Nama lengkapnya Ari Bernardus Lasso aatau lebih akrab dipanggil Ari Lasso, pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 17 Januari 1973. Awal karirnya di industri musik sejak membentuk Outsider Band sewaktu sekolah di SMA Negeri 2 Surabaya bersama Wawan Juniarso (drummer Dewa) dan Piyu (gitaris Padi. Kemudian ia bergabung dengan Lost Angels Band, yang kelak menjadi Boomerang. Lalu ia bergabung dengan Down Beat yang berganti nama menjadi Dewa kemudian berubah lagi menjadi Dewa 19.

Tahun 2001, Ari mengeluarkan album solo pertamanya Sendiri Dulu, yang juga sukses besar dengan tembang andalannya Misteri Ilahi. Lagu-lagunya mendapat tempat di hati masyarakat. Penjaga Hati, Nelangsa, Misteri Ilahi dan Perbedaan langsung menjadi hit dari debut albumnya itu. Kemudian langkah Ari Lasso makin mulus dengan album demi album hingga saat ini. Baginya menjadi penyanyi solo itu lebih mendapat kepuasan.

Once (eks Dewa 19)

Pemilik nama Elfonda Mekel yang akrab disapa Once juga merupakan eks vokalis grup band Dewa 19. Namun Once memilih bersolo karir dan keluar dari grup papan atas Indonesia tersebut sejak tahun 2011. Dirinya lebih memilih bersolo karir karena waktu yang dirasa lebih fleksibel. Sementara bergabung dalam sebuah band membutuhkan komitmen untuk menyatukan selera musik dan saling support satu sama lain. Setelah bersolo karir dirinya semakin melambung dan mendapat apresiasi publik yang luar biasa untuk karya-karyanya.

Sammy Simorangkir (eks Krispatih)

Mantan vokalis Kerispatih ini memutuskan bersolo karir setelah keluar dari band yang membesarkan namanya. Pria yang akrab disapa Badai mencoba meramaikan belantika musik Indonesia dengan cara menjadi penyanyi solo. Sejak hengkang dari Krispatih sejak tahun 2010, Sammy Simorangkir semakin mantap dalam solo karirnya dengan lagu-lagu single maupun albumnya. Bahkan pada tahun 2012 silam, Sammy juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai Penyanyi Solo Pria Terdahsyat.

Virgoun

Tahun 2017 sukses menaikan pamor bagi Virgoun Tambunan sebagai penyanyi solo. Single “Surat Cinta Untuk Starla” miliknya meledak di pasaran. Lagu berlirik romantis ini layak disebut sebagai lagu terlaris di tahun 2017. Mengawali debutnya sebagai penyanyi solo di tahun 2016. Single Surat Cinta untuk Starla yang dirilis Virgoun sukses mencuri hati para penikmat musik lewat kemasan genre pop yang dapat diterima semua kalangan. Meski kini terkenal sebagai solois, Virgoun memastikan tetap aktif menjalankan Last Child. Dia bahkan mengaku akan segera fokus menjalankan Last Child sebagai rumah utamanya.

Pongki Barata

Hengkang dari Jikustik Band sejak tahun 2011 dan memilih punya jalan sendiri menjadi penyanyi solo setelah Jikustik merilis album kedelapan yang berjudul Malam. Setelah bersolo karir, Pongki sempat merilis album bertajuk Pongki Barata Meet The Stars, di mana ada satu lagu yang ia nyanyikan berduet dengan sang istri. Sederet artis yang digaet Pongki di albumnya adalah Blink, Kotak, Tulus, dan alm. Mike Mohede.

Ipang

Vokalis grup band BIP bersuara berat ini juga memutuskan bersolo karir, setelah nama BIP meredup di pasar musik tanah air. Meski begitu, nama BIP tetap melekat pada Ipang di luar grupnya. Setiap tampil atau merilis single baru, ia tetap dikenal sebagai Ipang BIP bukannya Ipang Lazuardi. Beberapa single karya Ipang yang ngehits di pasaran adalah Tentang Cinta, Ada yang Hilang, dan Sahabat Kecil yang masuk dalam jajaran soundtrack film berjudul Serdadu Kumbang.

Andre Taulany

Andreas taulany atau yang lebih populer dengan nama Andre Taulany merupakan seorang penyanyi, aktor, sekaligus pelawak kebangsaan Indonesia yang lahir pada tanggal 17 September 1974 di Jakarta. Andre lahir dari pasangan bernama Robby Haumah dan Rasidah Hanum Hasibuan. Andre kemudian memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi RienWartia Trigina sejak tanggal 17 Desember 2005. Dari hasil pernikahannya dengan Rien, andre dikaruniai tiga orang anak. Andre mengawali perjalanan karirnya di dunia hiburan pada tahun 1994 dengan tergabung menjadi vokalis grup band Stinky dengan personilnya yang bernama Iwan (bass), Nanno (Gitar), Edy (Drum), Andre (Vocalis) dan Ndang (Telah keluar). Grup Stinky merupakan grup yang sangat populer di tahun 2007 dengan lagu andalannya “Mungkinkah” dan “Jangan Tutup Dirimu”. Andre kemudian memutuskan untuk keluar dari grup stinky dan memilih bersolo karir.

Rudy Nugraha Caffein

Tenar bersama band Caffeine, Rudi yang sering menelurkan album single hits di era 97-an tersebut putuskan solo karier. Baginya, keputusan Rudy untuk menjadi penyanyi solo adalah sebagai bentuk aktualitas dan eksistensinya sebagai seorang musisi untuk terus berkarya. Single “Kunci Hati” berada di bawah naungan label Selo Sakti Records. Diproduseri dan diaransemen oleh Muchamad Ahadiyat (Diat), Gitaris Yovie & Nuno. Lagu ini bergenre pop ringan dan bercerita tentang seseorang yang sedang jatuh cinta dan merasakan cinta kekasihnya begitu sempurna. Bagi Rudy, keputusannya adalah bentuk aktualisasi diri sebagai musisis agar terus bisa berkarya.

Dea HiVi

Nama lengkapnya Dalila Azkadiputri atau lebih akrab disapa Dea merupakan mantan vokalis Hivi. Pada tahun 2016 lalu Dea memutuskan keluar dari HiVi. Dirinya kini memulai jalur solo karir dani berada di bawah naungan label besar yakni Musica Studio yang telah terbukti melahirkan musisi tenar seperti Geisha, NOAH sampai Sheryl Sheinafia. Ia telah sukses meluncurkan sebuah single bertajuk ‘Cinta 99%’. Lagu tersebut merupakan hasil karya yang diciptakan Dea bersama Caturadi Septembrianto dan Arnold Sadrach. ‘Cinta 99%’ sendiri menceritakan tentang  seseorang yang sedang merasa jatuh cinta namun belum 100% yakin dengan perasaannya.

Anji Drive

Anji dulunya merupakan vokalis band Drive yang namanya melambung lewat lagu berjudul Bersama Bintang. Perselisihannya dengan pihak manajemen membuat Anji keluar dari band tersebut.

Dalam solo karinya Anji pun tak redup dari dunia musik, bahkan kini namanya masuk dalam nominasi Anugerah Musik Indonesia sebagai Artis Solo Pria Pop Terbaik dengan dua album karyanya ‘Luar Biasa’ pada tahun 2011 dan ‘Anji’ pada tahun 2014. Vokalis yang memiliki nama lengkap Aji Prihartanto tersebut terbukti sukses menjadi solois, beberapa single yang ia lempar ke pasaran bisa diterima dengan baik dan menjadi trending di panggung musik Tanah Air.

Donnie Sibarani Ada Band

Kabar mengejutkan datang dari vokalis Ada Band yang secara resmi memutuskan hengkang dari band yang membesarkan namanya setelah 14 tahun bersama. Pelantun ‘Manusia Bodoh’ tersebut akan tetap berkarya dengan format yang berbeda, yaitu dengan bersolo karier. Vokalis Donnie Sibarani telah menyiapkan langkah solo karir usai keluar dari Ada Band. Dia bahkan telah menyusun materi untuk direkam dan dibawakan. Donnie bertekad menghadirkan nuansa yang fresh nantinya agar bisa mendapat pendengar baru.

Bams

Setelah resmi keluar dari Samsons sejak 3 Agustus 2012, pelantun lagu berjudul Kenangan Terindah ini menyatakan ingin bersolo karir dan melepaskan diri dari band yang selama ini turut andil dalam karir bermusiknya. Bams sendiri memilih keluar dari Samson karena merasa tak mampu membagi waktunya. Sementara Samsons sendiri dikabarkan tengah mencari vokalis baru.

Melly Mono

Perjalanan karirr seseorang tidak ada yang tahu. Termasuk Melly Mono. Dulunya dia eksis di SHE, band yang seluruh personelnya perempuan. Mantan vokalis band SHE, Melly Herlina (31), siap menapaki tahap baru perjalanan kariernya. Setelah hengkang dari band yang terkenal dengan hits Slow Down Baby pada awal 2014, Melly malah melanjutkan karier sebagai penyanyi solo. Keputusanku dirinya untuk bersolo karier, diimbangi dengan tekad bulat dan usaha yang kuat, memperbaiki kualitas musik

Baim

Baim mengawali karirnya sebagai vokalis sekaligus gitaris di ADA BAND sejak 1996, kemudian pada tahun 2001 ia mengundurkan diri dari grup musik tersebut.  Suami Artika Sari Devi ini memutuskan hengkang dan bersolo karier.Namun pada tahun 2007 silam, bersama Pongki Barata, Nugie dan Ariyo Wahab membentuk band The Dance Company.Meski demikian, Baim tetap melanjutkan solo karirnya dan hingga kini telah menelurkan tiga labum solonya yang berjudul Terbaik Untukmu (2006), Perfeksionis (2009), dan Chaotic Gemini (2011).

Widi Hello Band

Jiwa seni vokalis Hello Band, Widi, tampaknya tak bisa tertahankan. Di tengah vakumnya Hello Band, Widi sempat memilih untuk terjun ke dunia bisnis, yakni dengan jualan martabak. Namun kini Ia kembali lagi ke industri musik dengan merilis single solo perdananya berjudul Harus Memilih. Di bawah bendera Halo Entertainment Indonesia (HEI), Widi punya alasan sendiri kenapa Ia tampil solo. single Harus Memilih ini merupakan gambaran lain selera musiknya di luar Hello Band. Untuk itu, Widi tak mau main-main dengan single solo perdananya ini. Harus memilih bercerita tentang kesedihan seseorang yang sangat mencintai pasangannya. Namun, di suatu saat orang ini dihadapkan dengan keputusan berat. Hingga akhirnya, orang ini harus menerima kekecewaan yang mendalam. Liriknya yang dalam dan sangat menyentuh membuat Widi jatuh cinta dengan lagu Harus Memilih dan menjadikannya single solo perdananya.

Dul Jaelani (The Lucky Laki)

Putra bungsu musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani sebelumnya tergabung dalam grup musik bentukan ayahnya, The Lucky Laki dan Ahmad Bersaudara. Namun demi membuktikan kemampuannya di industri musik, kini Dul memilih untuk lanjut ke bersolo karir. Dengan cara yang dipilihnya ini akan menjadi pembuktian dirinya. Ia ingin menunjukkan karya sendiri. Mengusung aliran alternatif pop, Dul mengaku musiknya tetap terinspirasi oleh ayahnya, Ahmad Dhani. Meski dia mengaku tak ada lagi campur tangan sang ayah dalam karyanya ini, remaja berambut ikal itu memprediksi warna musiknya bakal serupa dengan grup musik Dewa tahun 1990-an.

Moldy (gitaris band Radja)

Pemilik nama lengkap Melodyansyah Kusnadi atau yang biasa disapa Moldy adalah mantan gitaris band Radja. Namun kini ia memilih   merilis single solo. Adapun alasannya memilih bersolo karier memang dikarenakan ingin menyanyikan lagu yang dibuat berdasarkan kisah cintanya dengan sang istri.  Dalam bersolo karier, Moldy mengaku tak hanya mengisi waktu atau main-main. Sebab dia mengatakan lagu dan video klip ini digarap dengan serius.

Armand Maulana (Gigi band)

Vokalis band GIGI, Armand Maulana resmi bersolo karier dengan melepas single Hanya Engkau Yang Bisa. Keputusan bersolo karier ini bermula dari kejenuhan penyanyi asal Bandung itu sebagai sang ujung tombak Gigi. Rutinitas yang dijalani selama 22 tahun membuat Armand merasa tak ada tantangan lagi. Saat ini, Armand Maulana memang sedang sibuk menjalankan promo single kedua project solonya yang berjudul ‘Sebelah Mata’, dan berharap bisa menyambung kesuksesan single pertama yang saat itu berhasil mendapatkan satu penghargaan dari AMI Award.

Berita Terkait
Komentar
Terkini