Intip sejarah makanan khas Makassar berbahan dasar daging

Coto Makassar. (Foto/Resep Masakan)

Terkini.id, – Makassar atau yang biasa disebut “kota daeng”, merupakan kota yang rata-rata menyajikan masakan kuliner dari bahan dasar daging, seperti coto Makassar, konro, sop saudara, pallu basa, dan masih banyak lagi.

Coto Makassar

Coto Makassar. (Foto/Arwini)

Coto Makassar atau yang biasa disebut coto Mangkasara merupakan kuliner khas kebanggaan masyarakat Makassar. Makanan khas ini ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan gowa pada tahun 1538.

Coto Makassar memiliki kekhasan berupa bumbu rempah dan kacang untuk membuat kuah yang kental. Dulu, coto Makassar ternyata hanya disajikan untuk kalangan bangsawan saja.

Sop Konro

Sop Konro. (Foto/ Wikipedia)
Baca juga:

Sop konro yang proses pembuatan kuahnya yang khas, terletak pada kacang merah (campe’) yang dimasak hingga lunak, lalu dihaluskan kemudian dicampurkan ke dalam kuah.

Sop konro merupakan hidangan wajib warga saat ada hajatan baik khitanan, pernikahan, atau pesta adat.

Pallu Basa

Pallu Basa. (Foto/Tripadvisor)

Pallu Basa yang merupakan salah satu masakan tradisional Makassar ini mirip dengan coto Makassar. Yang membedakan, pallu basa diberi tambahan kepala parut goreng atau serundeng.

Konon awal mula makanan ini, hanya diperuntukkan untuk kelas pekerja seperti kuli bangunan, tukang becak, dan kelas pekerja lainnya. Mengapa demikian, karena pada masa itu pallu basa merupakan makanan termurah yang hanya dapat dijangkau oleh para pekerja.

Jika dilihat dari aspek bahan dasanya, dapat disimpulkan bahwa orang Makassar memang doyan makan daging. Apalagi disajikan dengan rempah-rempah yang khas, kuat, dan memiliki cita rasa yang tinggi.

Daging dikenal dengan kandungan protein dan korestrol yang tinggi, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Itulah mengapa orang Makassar kebanyakan berwatak kasar.

Demikian beberapa sejarah masakan khas Makassar yang berbahan dasar daging seperti dilansir dari berbagai sumber. Jangan lupa nyicip makanan legendaris khas ini jika datang berkunjung ke kota daeng.

Komentar

Rekomendasi

Harga Serba Terjangkau, RM Kampoeng Panrita Resmi Dibuka, ini Jadwalnya

Fakta Bisnis ‘Pesan Makan’ Selama Ramadan: Ayam Goreng Paling Disuka Warga Indonesia

Buka Puasa Bareng Keluarga? Buruan Pesan Paket ‘Delight Ramadhan’ ala Dinghao MYKO

Rasakan Sensasi Masakan Restoran di Rumah ala Dinghao MYKO, Mulai Rp42 Ribu

Paket Santap Bareng Keluarga ala Dinghao MYKO Mulai Rp198 Ribu, Buruan Pesan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar