Iqbal Suhaeb Menjamin Keamanan Mahasiswa Papua

Deklarasi bertajuk 'Memperkuat Solidaritas Harmoni Kebangsaan di Kota Makassar', digelar di Hotel Claro Makassar, Kamis 22 Agustus 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Deklarasi bertajuk ‘Memperkuat Solidaritas Harmoni Kebangsaan di Kota Makassar’, digelar di Hotel Claro Makassar, Kamis 22 Agustus 2019.

Deklarasi itu dihadiri oleh PJ Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan beberapa mahasiswa asal Papua.

Deklarasi tersebut digelar pasca insiden yang yang menimpa mahasiswa di Surabaya dan Malang, pada 16-17 Agustus 2019 kemarin.

Iqbal Suhaeb sebagai pembicara dalam deklarasi tersebut menjamin keamanan mahasiswa Papua yang berada di Kota Makassar agar tidak terjadi hal serupa yang terjadi di Surabaya.

“Kita jamin keamanannya di Kota Makassar. Kota Makassar merupakan kota terbesar di kawasan Timur Indonesia. Banyak kampus jadi jangan heran kalau orang dari luar datang ke kita makassar untuk kuliah,” kata Iqbal.

Bahkan, ia mengaku akan menjalin koordinasi dengan petinggi-petinggi kampus yang berada di kota Makassar untuk road show ke Papua.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak universitas untuk road show ke Papua. Memberikan kepercayaan kepada masyarakat disana terkait keamanan mereka di kampus,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua umum Mahasiswa Fakfak, Rano K Patiran yang juga menjadi pembicara dalam, meminta pada Gubernur Jawa Timur agar ke Papua untuk meminta maaf secara langsung pada masyarakat atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Yang kami harapkan adalah kata mamaaf dari Jokowi dan Gubernur Jatim. Siapapun bisa meminta maaf lewat sosmed yang kami hatap pak Jokowi dan Gubernur Jatim datang ke Papua untuk minta maaf langsung,” tegas Rano sapaan akrabnya.

Tak hanya itu, ia berharap pada aparat dan pemerintah kota Makassar agar memberikan jaminan keamanan ke mahasiswa Papua yang berada di Kota Makassar.

“Kami mahasiswa papua ingin belajar, hidup dan bekerja dengan tenang di kota Makassar,” harapnya.

Komentar
Terkini