Ismail Hajiali: Makassar Open Data adalah Inovasi yang Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Ismail Hajiali memperkenalkan inovasi Kota Makassar dengan program Makassar Sombere’ & Smart City.

Makassar Open Data salah satu inovasi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi di era digital. Dengan dukungan seluruh SKPD yang ada di lingkup Pemkot Makassar, Ismail berharap masyarakat tidak lagi kesulitan mengakses dan mendapatkan data tentang Kota Makassar.

Makassar Open Data adalah aplikasi berisi berbagai data terverifikasi oleh setiap SKPD terkait untuk diakses secara bebas oleh publik.

Platform ini masih terus dilakukan pengembangan, terutama penambahan konten data. Kita juga berharap setiap SKPD untuk secara rutin melakukan updating data.

“Sehingga data yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Ismail, Jumat 14 September 2018.

Ismail mengajak masyarakat mengakses platform Makassar Open Data jika ingin mengetahui informasi tentang Kota Makassar. “Ini wujud transparansi dan keterbukaan ke publik,” kata Ismail

Diskusi Lembaga Kemitraan dan Lokakarya Lintas Sektoral Smart City Kota Makassar dalam rangka diseminasi, validasi data, dan pemetaan sistem kesehatan tahun 2018 di Novotel Hotel dihadiri ASN Pemkot Makassar, Forum Kota Sehat, dan NGO yang ada di kota Makassar.

Kegiatan selama dua hari ini, dilaksanakan atas kerjasama Pemkot Makassar, USAID, Internartional Organization Migration (IOM), dan Urban Institute.

Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Khadijah Iriani saat membuka diskusi menyampaikan pentingnya kemitraan dalam membangun kota sehat di Makassar. Menurutnya, Building healthy Cities di Kota Makassar merupakan program yang diinisiasi USAID.

“Memfokuskan pada kebijakan, perencanaan, dan layanan kota dengan pola pikir kesetaraan kesehatan. Demi meningkatkan pengambilan keputusan yang berbasis data,” ujarnya.

Komentar

Rekomendasi

UNBK Dihapus, Pemkot Makassar Siapkan Metode Kelulusan Siswa

Cegah Corona, Akses Keluar-Masuk Pulau di Makassar Dibatasi Ketat

Kalangan Milenial di Makassar Buat APD Untuk Para Medis Yang Tangani Pasien Covid-19

Lawan Corona, Japanese Restauran Bantu Pemkot Makassar 1 Ton Mie Instan

Antisipasi Dampak Corona, Pemkot Makassar Siapkan Bantuan Sembako

Gandeng Indosat Ooredoo, Forum OSIS Sulsel Beri Kuota Internet Gratis untuk Sekolah Terpilih

Warga BTP Makassar Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya

Cegah Corona, Muslimah Wahdah Makassar Bagikan Vitamin C untuk Masyarakat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar