Isu Pemekaran Jadi Jualan Politik Tamsil Linrung Maju di DPD RI

Tamsil linrung
Tamsil Linrung /Nasruddin

Terkini.id — Bakal Calon (Balon) Senator Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Tamsil Linrung berjanji bakal perjuangkan pemekaran di dua wilayah yaitu, Kabupaten Bone Selatan dan Provinsi Luwu Raya, jika dirinya terpilih sebagai senator.

Menurutnya, pemekaran Provinsi Luwu Raya dinilai sudah memenuhi syarat, apalagi Luwu Raya memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat mendukung.

“Sangat memenuhi syarat (Luwu Raya) mulai dari SDM, Kalau Sumber Daya Alam ada PT Vale, ada potensi alam lain yang bisa dikembangkan,” kata Tamsil Linrung di Makassar.

Sementara Kabupaten Bone dinilai sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi Bone Selatan. Sebab Kabupaten Bone merupakan kabupaten terluas di Sulsel.

“Kalau Bone harus lebih dari satu Kabupaten, Biar sejahtera dan pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa meningkat,” tuturnya.

Tamsil menambahkan, pemekaran terbukti dengan beberapa daerah yang baru dimekarkan, seperti Sulbar. Perkembangan kesejahteraan masyarakat lebih bagus dari sebelumnya.

“Sulbar Infrastruktur wilayah lebih bagus, income per kapita keluarga lebih tinggi, dan jumlah kelas menengah lebih meningkat,” jelasnya.

Ia menjelaskan DPD selama ini menjadi lembaga yang tidak bergigi. Sehingga perlu diberdayakan dengan kewenangan-kewenangan seperti pemekaran wilayah baru.

Berita Terkait
Komentar
Terkini