Jaga keutuhan NKRI, TNI AU akan bentuk Koops AU 3

Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsma TNI Julexi Tambayong cek kesiapan prajurti di upacara HUT TNI AU di Lanud Hasanuddin/ Herman Kambuna MT

Terkini.id, Makassar – Diusia ke-72 tahun tentara nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) terus melakukan rencana strategis kedepannya demi menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Berdasarka amanat Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna yaitu akan membentuk Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU 3) yang rencananya akan bermarkas di Biak atau di Sorong.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsma TNI Julexi Tambayong saat memimpin upacara HUT TNI AU ke-72 di Lanud Hasanuddin, Makassar.

Ia mengatakan di hari ulang tahun TNI AU akan kembali merefleksi terbentuknya TNI Angkatan Udara yang banyak nilai-nilai kejuangan atau nilai nasionalisme.

“Termasuk bagaimana TNI AU kedepannya menyelesaikan progaram-program yang sedang berjalan yang dilaksanakan TNI AU. Rencana strategis kedepan termasuk perencanaan pengadaan peralatan alat-alat sista kemudian aspek organisasi ada rencana pembetukan koops AU 3,” kata Julexi saat ditemui di Lanud Hasanuddin.

Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsma TNI Julexi Tambayong cek kesiapan prajurti di upacara HUT TNI AU di Lanud Hasanuddin/ Herman Kambuna MT

Julexi mengatakan pembetukan Koops 3 ini untuk memberikan dukungan udara untuk kepentingan poros maritim nantinya.

Diamana kata dia, Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) bermarkas di Halim Perdanakusumah Jakarta dan Koops A II bermarkas di Makassar atau di Maros, Sulawesi Selatan.

Dikatakan secara teknis pembetukan Koops AU 3 sudah menentukan dua pilihan tempat yakni Sorong dan Biak.

“Koops 3 sekarang ini kita sedang peyiapan insfratrukturnya. Selain penyiapan personil tentunya untuk mengawaki organisasi. Mengenai lokasi kita sudah dengar-dengan akan dibangun mungkin Sorong atau Biak. Pilihan ini masih kita diskusiakan kemudian mana yang paling pas. Tapi intinya kita sudah mengarah sana,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini