Jaga Perbatasan RI-Australia Tanpa Diberi Upah, Eli: Biarlah Saya Bertahan Apa Adanya

Terkini.id, Maluku – Elkana Amarduan (62) yang akrab disapa Eli, warga Desa Eliasa, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Maluku yang dengan setia menjaga menara suar perbatasan Republik Indonesia (RI) – Australia.

Eli menjaga menara suar tersebut tanpa mendapat upah dari pemerintah Meski tanpa upah, Eli tetap setia menjaga mercusuar itu.

“Sudah 23 tahun saya jaga dua aset negara ini, menara suar dan tapal batas, tanpa digaji baik dari pemerintah desa maupun pihak mana saja. Saya lakukan ini dengan suka rela,” ujar Eli melansir akun Instagram @jeniuspedia.id, Senin 21 September 2020.

Mengutip Antara, Eli mengaku bahwa Kepala Dusun Eliasa sendiri yang memberikan tanggung jawab kepada dirinya untuk menjaga menara setinggi 35 meter tersebut.

Menara suar itu sendiri dibangun oleh Kementerian Perhubungan RI pada tahun 1996 dan baru rampung pada 1997.

Namun, menara tersebut baru diresmikan oleh Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura Mayjen TNI. Agustadi Sasongko Purnomo pada 17 Agustus 2003.

Belakangan, pengurus Desa Eliasa berupaya untuk menarik kunci menara suar tersebut dari Eli, dan memberi Eli upah dengan cara menjual karcis bagi pengunjung.

Rencana itu disambut baik oleh Eli meski ia mengaku masih berharap pemerintah yang lebih tinggi juga turut memperhatikan dirinya.

“Insyaallah jika memang terjawab seperti itu. Tapi kalau dari pemerintah baik dari Kabupaten sampai ke pusat tidak perhatikan juga. Biarlah saya bertahan apa adanya. Sebab menara ini dibangun diatas petuanan dan didalam dusun saya,” ujar Eli.

Ia juga mengaku akan tetap menjaga menara suar perbatasan RI dengan Australia tersebut dari orang-orang tak bertanggung jawab.

“Saya harus mengambil inisiatif, jangan sampai segelintir orang merencanakan kejahatan terhadap kedua aset ini, maka pasti saya yang dituduh,” tutur Eli.

“Saya merasa punya tanggung jawab sejak 1998 sampai hari ini. Karena kepercayaan yang diberikan dari Kepala Dusun untuk saya,” pungkasnya.

Bagikan