Jalankan Program Prolanis, Puskesmas Sudiang Makassar Tetap Ramai di Akhir Pekan

Puskesmas Sudiang
Jalankan Program Prolanis, Puskesmas Sudiang Makassar Tetap Ramai di Akhir Pekan

Terkini.id, Makassar – Meski akhir pekan, pelayanan pasien di Puskesmas Sudiang, Makasssar tetap ramai. Ini terlihat dari kepadatan aktivitas pasien yang didominasi para lansia.

Ternyata, kepadatan tersebut lantaran ada jadwal rutin setiap hari Sabtu, dimana puskesmas tersebut menggelar senam pagi bagi pasien BPJS atau Askes, yang rata-rata usia senja.

Keramaian berikutnya, lantaran Puskesmas Sudiang juga melayani pemeriksaan para calon jemaah haji. Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, para jemaah haji juga mendapatkan nasi kotak.

Puskesmas yang beralamat di Jalan Goa Ria Raya Nomor 18 Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar ini begitu total memberikan pelayanan maksimal bagi pasien.

Hamzah Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Sudiang menjelaskan, setiap hari Sabtu pihaknya rutin menjalankan program Prolanis.

“Program Prolanis ini untuk pra lansia dan lansia kisaran usia 45-60 tahun,” ujar Hamzah.

“Prolanis adalah program penanganan penyakit kronis, yaitu penyakit hiperternsi, diabetees melitus dan penyakit gula,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, ada juga edukasi berupa penyuluhan yang dilakukan oleh dokter-dokter.

“Kebetulan hari ini ditiadakan karena bersamaan membludaknya pasien, tetapi untuk senam paginya rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu,” kata Hamzah.

Ditambahkan Hamzah, bahwa pelayanan kesehatan jamaah calon haji sudah melayani mulai beberapa bulan lalu.

“Kalau ada jamaah setelah terdaftar di Kemenag RI akan dilakukan pemeriksaan pertama, nanti juga serentak akan dilakukan vaksin,” urai Anca, sapaan akrab Hamzah.

Maklumat Pelayanan Puskesmas Sudiang

Pihaknya juga menegaskan bahwa Puskesmas Sudiang akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik semaksimal kemampuan.

“Kami berupaya menetapkan pelayanan sesuai SOP. Insha Allah, akan kami pertahankan pelayanan terbaik. Pelayanan ini juga kami koordinasikan dengan lintas sektoral, tokoh masyarakat, serta tokoh agama,” ujarnya.

Hamzah juga menjelaskan bahwa Puskesmas Sudiang mengeluarkan Maklumat Pelayanan sebagai bentuk komitmen satf Puskesmas Sudiang terhadap kesehatan masyarakat.

“Maklumat ini ada  dua, yakni pelayanan lintas sektor dan maklumat pelayanan internal karyawan puskesmas sebagai bentuk komitmen bersama dengan meningkatkan pelayanan sesuai SOP,” terangnya.

“Maklumat itu berbunyi, kami seluruh Pegawai Puskesmas Sudiang, melayani pelanggan setulus hati secara profesionalis sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan dasar kesehatan tanpa mengabaikan nilai keamanan dan kenyamanan bekerja,” pungkasnya.

Berita Terkait