Jang Hansol, YouTuber Korea yang Viralkan Kabar ABK Indonesia Dibuang ke Laut

Terkini.id, Jakarta – Kabar eksploitasi Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia di sebuah kapal asing menjadi viral setelah Youtuber Korea, Jang Hansol membahasnya di tayangan toutube miliknya..

Pemilik akun YouTube Korea Reomit tersebut menjadi trending topik di Twitter sejak Rabu malam, 6 Mei 2020.

Pria yang lancar berbahasa Indonesia bahkan menggunakan logat medok Jawa ini membeberkan berita jenazah anak buah kapal (ABK) Indonesia yang dibuang ke laut.

Berkat video YouTube Hansol yang diunggah pada Rabu, 6 Mei 2020, masalah yang dialami oleh ABK Indonesia di kapal nelayan China tersebut kini viral.
Dalam video youtube miliknya, Jang Hansol menjelaskan bahwa berita yang disiarkan oleh saluran televisi nasional MBC itu sedang viral di Korea Selatan. ABK Indonesia yang bekerja di atas kapal nelayan China diperlakukan tidak manusiawi hingga meninggal. Detik-detik proses pembuangan jenazah ABK Indonesia ke laut saat ini viral di Korsel.

“Mereka itu bawa air mineral ke kapal tapi yang minum orang China sedangkan orang Indonesianya disuruh minum air laut yang difiltrasi. Sehari kerja 30 jam berdiri diselingi waktu 6 jam dihitung sebagai waktu istirahat,” tutur Hansol menerjemahkan berita MBC.

Baca juga:

Hansol menjelaskan kalau berita mengenai kondisi ABK Indonesia di kapal China tersebut belum sampai ke Indonesia, padahal di Korea sendiri sudah viral.

“Sekarang di Korea ada satu berita yang trending 5, hari ini tanggal 6 Mei 2020 tepatnya jam 16.45 di Korea. Jadi waktu berita ini naik aku sudah lihat, ada yang email juga minta tolong diberitakan karena berita ini belum sampai di Indonesia,” ungkapnya.

Berkat video YouTube Jang Hansol menerjemahkan siaran berita MBC News, kini masalah yang dialami ABK Indonesia ikut viral di Tanah Air.

Jang Hansol menjadi pemilik akun YouTube Korea Reomit memiliki 2,9 juta subscribers. YouTuber yang tumbuh besar di Malang ini menyebut dirinya sebagai orang Korea yang medok karena fasih berbahasa Jawa.

Dalam akun youtubenya, Jang Hansol rutin mengunggah video paling tidak 4 hingga 5 kali dalam sepekan. Konten yang dia sajikan banyak memperkenalkan tentang Korea Selatan, khususnya kulinernya.

Komentar

Rekomendasi

Viral Pria Tua Diduga Gangguan Jiwa Dianiaya Dua Oknum Polisi

Hendak Antar Obat, Dua Petugas Medis Covid-19 di Papua Ditembak KKB

Polisi Tangkap Provokator Aksi Kericuhan Warga di Buol Saat Salat Idulfitri

Viral Video Aksi Biarawati Katolik Nyanyikan Lagu Nuansa Islami di Momen Idulfitri

Usai Salat Ied, Pangdam XIV Hasanuddin Silaturahmi Virtual ke Anggota di Perbatasan, Nakes dan Warga

Viral Pemukulan Kepala Desa di Buol Akibat Kesalahpahaman Pelaksanaan Idul Fitri

Aksi Pria Paruh Baya Buka Pembatas Jalan, Polisi Diam dan Tepuk Tangan

Dilarang Salat Idulfitri Berjamaah, Warga Mengamuk dan Hendak Pukul Petugas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar