Jangan abaikan gondongan atau bengkak babi menular

Gondongan atau gondok sering disebut juga bengkak babi termasuk salah satu penyakit yang mudah menular

Terkini.id, – Gondongan atau gondok (Mumps atau Parotitis) biasa juga orang menyebutnya bengkak babi adalah salah satu penyakit yang umum dan sudah biasa dialami banyak orang. Penyakit ini disebabkan oleh virus Paramyxovirus.

Penyakit ini sering menyerang anak-anak umur 2-12 tahun tetapi tidak jarang juga orang dewasa bisa mengalami penyakit ini.

Penyakit ini cepat menular melalui air liur, dahak, batuk, ciuman dan saat penderita berbicara dan atau meludah.

Virus ini menyerang kelenjar ludah atau kelenjar parotis antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan bagian leher dan atau pipi bagian bawah menjadi bengkak.

Penderita gondongan atau bengkak babi ini merasakan sakit pada saat mengunyah makanan bahkan sangat kesulitan dalam menelan. Rasa sakit terasa di dekat telinga dan gendang telinga serasa mau pecah. Kondisi ini di ikuti dengan rasa sakit di kepala.

Penyakit ini tidak membutuhkan obat untuk penyembuhannya, penderita hanya butuh beristirahat yang cukup agar cepat sembuh.

Meskipun dalam proses istirahat penderita mengalami kesakitan berhari-hari, makan tidak enak, tidur tidak nyenyak karena jika bengkak di pipi atau leher terkena bantal atau kasur akan terasa sangat sakit.

Penderita gondongon saat terinfeksi akan mengalami gejala awal yaitu demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang dan sakit saat mengunyah, rahang menjadi kaku sehingga kesulitan membuka mulut.

Tahap berikutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga di awali pembengkakan salah satu kelenjar kemudian selanjutnya kedua kelenjar mengalami pembengkakakan.

Pembengkakan kelenjar ini biasanya berlangsung selama 3 -5 hari dan berangsur-angsur akan mengempis.

Pembengkakan kelenjar ini kadang juga terjadi di bawah rahang dan di bawah lidah.

Bahkan pada pria penyebaran virus ini bisa melalui aliran darah menyebabkan pria mengalami pembengkakan pada buah zakar atau testis. Bisa juga menyerang sistem saraf, payudara, pancreas namun kebanyakan menyerang kelenjar air liur di bawah telinga.

Berikut gejala – gejala umum dari penyakit gondongan atau bengkak babi

– Demam tinggi
– Menggigil
– Sakit kepala
– Tidak nafsu makan
– Nyeri pada rahang bagian belakang
– Nyeri saat mengunyah
– Rahang terasa kaku
– Nyeri saat menelan

Lamanya penyembuhan untuk masing-masing orang berbeda-beda ada yang hanya seminggu sudah sembuh ada juga yang bisa sampai dua minggu baru sembuh tergantung dari kondisi fisik penderita dan makanan serta waktu istirahat selama sakit.

Pengobatan untuk penyakit ini sebenarnya tidak diperlukan karena akan sembuh dengan sendirinya hanya butuh istirahat dan makanan untuk memulihkan kondisi tubuh. Jika tidak kuat menahan rasa sakit bisa minum obat penghilang rasa sakit sesekali saja.

Pengobatan tradisional sering juga diterapkan oleh orang tua ketika anaknya menderita sakit gondongan dengan menggunakan blau (pewarna pakaian) dicampur dengan minyak kemudian dioleskan ke leher atau pipi yang membengkak.

Blau, salah satu obat tradisional yang sering diterapkan orang tua jaman dahulu pada anak penderita gondongan

Secara medis tidak ditemukan keterkaitan antara blau dengan penyakit gondongan tetapi orang tua jaman dahulu sering menggunakan blau untuk mengobati penyakit ini. Rasa dingin yang dirasakan kulit ketika dioleskan pada leher dan pipi yang membengkak memberikan sensasi untuk mengurangi rasa sakit.

Mengoleskan blau pada anak penderita gondongan membuat rasa dingin dikulit sehingga menghilangkan rasa sakit dan anak menjadi mudah beristirahat
Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti