Jangan dibuang, 7 manfaat kulit lemon atau jeruk untuk kesehatan tubuh

Kulit jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Terkini.id, – Biasanya kita mengonsumsi buah jeruk hanya bagian daging buahnya saja. Kulit dari buah lemon atau jeruk selalu dibuang dan tidak dimanfaatkan. Daging dari buah jeruk yang sering kita makan memang banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk sistem imun tubuh.

Ternyata kulit lemon atau jeruk banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh, bahkan menurut penelitian kulit jeruk mengandung vitamin C lebih banyak daripada daging buah jeruk.

Berikut ini 7 manfaat kulit lemon yang perlu kita ketahui

1. Anti kanker

Penelitian mengungkapkan bahwa kulit lemon mengandung Flavonoid, membantu vitamin C agar bisa bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya. Kulit lemon memiliki 5-10 kali lebih kuat vitamin C di dalamnya dibandingkan daging buah lemonnya yang dapat membunuh sel kanker lebih kuat daripada kemoterapi.

2. Anti kolesterol

Baca :Pesantren Shohwatul Is'ad pamer produk olahan jeruk di Festival Ekonomi Syariah

Senyawa anti kolesterol, hampir semuanya ada di dalam lemon/jeruk bagian kulitnya. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh kita yang membentuk plak dan menyumbat pembuluh darah. Konsumsilah kulit jeruk/lemon sebagai salah satu cara alami menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mengatasi sembelit

Kulit lemon atau jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, 100 gram kulit jeruk atau lemon setidaknya mengandung 10,6 gram serat pangan yang bermandaat mencegah iritasi usus, sembelit dan kembung. Ekstrak kulit jeruk dikombinasikan dengan teh akan menenangkan sistem pencernaan.

4. Memperbaiki kondisi pernapasan

Antioksidan dalam jeruk atau lemon dengan kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, gejala penyakit asma dan paru-paru. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai obat pernafasan, wangi aerosol dalam kulit jeruk sangat bagus untuk pernafasan.

5. Menurunkan Berat Badan

Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan.

Baca :9 bahan alami obati jerawat dan direkomendasikan dokter kulit

6. Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam

Kulit jeruk yang mengandung vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh.

7. Mencegah masalah kesehatan tulang

Kulit jeruk mengandung kalsium yang cukup tinggi, sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Membuat ekstrak minuman dari kulit jeruk bisa menjaga kepadatan tulang dan membuat tulang tetap kuat dan sehat.

Cara efektif mengonsumsi kulit jeruk adalah dengan membekukan ke dalam freezer, setelah beku parut kulit jeruknya. Hasil parutan siap diseduh atau ditabur ke makanan yang kita makan. Selain menghasilkan rasa yang tak terduga bisa menjadi penambah rasa buat makanan.

Silakan dicoba, semoga bermanfaat!