Jangan Main HP Jelang Tidur Atau Penyakit Mematikan Ini Akan Anda Alami

Tidur
Main HP menjelang tidur. (foto: vemale.com)

Terkini.id – Di era teknologi saat ini, Handphone (HP) atau gadget telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita, bahkan perangkat ini telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia.

Namun di samping manfaat positifnya yang telah kita rasakan, perangkat ini ternyata juga punya dampak buruk terhadap diri kita akibat perubahan pola hidup.

Akibat kecanduan HP, manusia sekarang ini hidup dalam lingkaran waktu yang tidak sehat. Contohnya, mengubah waktu malam menjadi siang, dan juga sebaliknya.

Tidur

Dilansir dari laman indonesianfree, pola hidup dalam lingkaran waktu yang tidak sehat akibat keseringan main HP akan berdampak pada tubuh manusia, khususnya tingkat kandungan melatonin (hormon otak) manusia.

Melatonin akan memproduksi diri pada saat tidur. Sehingga kalau manusia konstan menatap cahaya buatan dari layar HP pada saat berbaring di tempat tidur, siklus tidur pasti akan terganggu. Selain itu, sel-sel pencegah penyakit dari melatonin akan menurun.

Tingkat kandungan melatonin yang menurun akan menyebabkan tubuh kita rentan dengan segala jenis penyakit. Termasuk gejala penyakit radiasi mata akibat pancaran cahaya dari perangkat HP. Radiasi ini tentunya cukup membahayakan bagi kesehatan kita, terutama bagi indra penglihatan.

Tidur

Selain radiasi mata, dampak negatif lainnya bagi kesehatan yakni tubuh anda berpotensi mengalami gejala penyakit mematikan, kanker.

Tak hanya itu saja, selain bahaya untuk kesehatan, juga akan membahayakan diri secara psikologis, yakni menurunnya hingga hilangnya kepekaan diri terhadap orang lain, seperti tidak mudah ber-empati.

Melihat dampak buruk bagi kesehatan yang sudah jelas dikatakan di atas, maka sebaiknya anda menghindari bermain HP saat menjelang tidur atau beristirahat di malam hari.

Berita Terkait
Komentar
Terkini