Jangan salah tulis, ini kepanjangan PKK yang benar

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Makassar Indira Jusuf Ismail mengadakan kunjungan kerja di Kota Surakarta, Kamis 17 November 2016

MAKASSAR – Setiap kali mendengar kata PKK, pikiran kita pasti tertuju kepada kelompok ibu ibu dan istri pejabat yang senang rapat, berkumpul, dan melakukan kegiatan sosial. Jika sudah berkumpul, warna pakaian mereka pun selalu seragam. Biar kompak dan terlihat rapi.

Maklum saja, ibu ibu dan istri pejabat biasanya ingin sempurna dan selalu terlihat cantik di depan publik.

Tapi tahukah anda arti dari singkatan PKK ? Mana yang benar kepanjangannya dari organisasi ibu ibu dan istri pejabat ini : 
1. Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, 
2. Program Kesejahteraan Keluarga, atau 
3. Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

Nah.. pembaca yang baik hati. Masih bimbang dan ragu menebak kepanjangan PKK yang sesungguhnya ? Jangan bengong. MAKASSARTERKINI.com berhasil menjelajah ke situs resmi PKK. Membaca sejarah dan mencari kepanjangan PKK yang benar. Agar anda tidak lagi bingung dan salah menyebut atau menuliskan kepanjangan PKK.

Ternyata gerakan PKK bermula pada bulan Mei tahun 1962. Diprakarsai istri Gubernur Jawa Tengah Isriati Moenadi yang prihatin dengan kondisi warganya. Isriati membentuk PKK dengan kepanjangan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Mulai tingkat provinsi hingga ke tingkat kelurahan dan desa.

Karena program PKK Isriati sukses, Menteri Dalam Negeri mengirimkan Surat kepada Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 27 Desember 1972. Isinya agar merubah nama Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga. Perubahan nama ini pun disampaikan kepada seluruh Gubernur di Indonesia.

Tujuan Gerakan PKK untuk mencapai keluarga sejahtera dengan tidak membeda-bedakan golongan, agama, partai dan lain-lain . Hal ini menarik perhatian pemerintah yang selanjutnya Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diatur dan dibina oleh Departemen Dalam Negeri.

Pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 02 November 2000 di Bandung, Tim Penggerak PKK Pusat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional Luar Biasa PKK. Dipimpin oleh Istri Suryadi Sudirdja. Kemudian menghasilkan pokok-pokok kesepakatan, antara lain perubahan pengertian dan nomenklatur Gerakan PKK. Arti PKK kembali berubah dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK.

Demikian sejarah singkat perubahan arti dari PKK. Semoga anda tidak lagi bingung dan salah saat menyebut dan menuliskan arti PKK. Jika anda anggota PKK, hafal betul kepanjangannya. Supaya tidak lagi bengong dan bingung ketika mendapat pertanyaan apa kepanjangan PKK.
 

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Barru

Hasnah Syam Optimis Tembus Senayan

Terkini.id,Barru - Pasca proses Pemilihan Calon Anggota DPR RI dari Wilayah Pemilihan Sulsel II membuat sejumlah kandidat mulai berspekulasi terkait pemenangan masing-masing calonnya yang