Jangan Takut, Ternyata Usia Tua Bisa Diobati dengan Ini

Terkini.id – Ilmuan menemukan penuaan dan menjadi tua dapat diobati. Penuaan adalah hal yang wajar, tak terelakkan, dan merupakan takdir setiap orang yang bisa ditunda dengan obat-obatan yang dalam tahap pengujian. 

Ilmuan ahli genetika bernama David Sinclair melakukan studi selama 2 dekade, dan menemukan fakta bahwa penundaan penuaan dapat dilakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana sehingga kita memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih sehat.

Sinclair mengatakan kita mungkin akan benar-benar dapat membalikkan proses penuaan.

David Sinclair yang merupakan ilmuwan dengan gelar doktor dari Universitas New South Wales di Australia dan pasca-doktoral dari Institut Teknologi Massachusetts AS.

Ia bertanggung jawab atas laboratorium di Universitas Harvard, AS, di mana ia menyelidiki mengapa kita menua.

Ilmuwan telah mengidentifikasi sembilan penyebab utama penuaan, dan dalam penelitian, selama 25 tahun terakhir, telah menemukan bukti bahwa penyebabnya ada jamak dan melibatkan hilangnya informasi.

Melansir dari detikcom, bahwa manusia memiliki dua jenis informasi dalam tubuh yang diwarisi dari orang tua dan yang dipengaruhi oleh lingkungan dan waktu.

Salah satunya adalah informasi digital, kode genetik, dan yang lainnya adalah analog, epigenom, sistem dalam sel yang mengontrol gen mana yang dihidupkan dan dimatikan.

“Tidak ada hukum biologis yang mengatakan bahwa kita harus menjadi tua,” kata Sinclair. 

Itu menghidupkan dan mematikan 20.000 gen sel yang memberi tahu sel siapa itu, yang memberinya identitasnya,  dan kemudian memberitahu bagaimana seharusnya berfungsi.

Namun seiring waktu, epigenom mulai kehilangan informasi, seperti yang terjadi pada CD yang tergores, dan sel kehilangan kemampuan untuk mengaktifkan gen yang benar pada waktu yang tepat. Mereka kehilangan fungsinya.

Saya pikir itulah alasan kita menua.

Anda menyebut bahwa kita tidak perlu menua. Mengapa?

Tak ada hukum biologi yang mengatakan kita harus menua. Kita tak tahu cara menghentikannya, namun kita memperlambatnya. Dan, dalam laboratorium, kita bisa membalikkan proses itu.

Intinya, epigenom itu bisa digantikan.

Cara kita menjalani hidup kita memiliki dampak besar pada goresan pada CD itu. Melakukan hal yang benar dapat secara drastis memperlambat jam penuaan, dan hari ini kita dapat mengukur jam itu, kita memiliki tes darah dan air liur untuk itu.

Kami menemukan pada hewan seperti tikus bahkan paus dan gajah dan orang-orang yang memiliki gaya hidup berbeda, bahwa penuaan dapat terjadi pada tingkat yang sangat berbeda.

Dan bahwa lebih dari 80 persen kesehatan masa depan anda bergantung pada bagaimana anda hidup, bukan pada DNA.

Ada hal-hal yang ditemukan para ilmuwan dengan mengamati orang-orang yang berumur panjang.

Ini termasuk makan jenis makanan yang tepat (tempat yang baik untuk memulai adalah pola makan Mediterania), makan lebih sedikit kalori, dan makan lebih jarang. Latihan fisik juga membantu.

Dan ada yang berpendapat bahwa mengubah suhu tubuh dengan es dan air dingin bermanfaat dalam hal ini.

Bagaimana semua itu membantu memperlambat penuaan?

Alasan para ilmuwan percaya bahwa kebiasaan dan intervensi gaya hidup ini berhasil adalah karena mereka meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit dan penuaan.

Pola makam Mediterania adalah permulaan yang baik untuk pola makan sehat.

Merasa panas atau dingin, lapar, dan sesak napas adalah cara untuk mengaktifkan pertahanan ini.

Akar dari pertahanan ini adalah segelintir gen, dan telah mempelajari satu set gen yang mengontrol epigenom dan diaktifkan oleh olahraga, oleh rasa lapar.

Inilah mengapa ilmuam percaya bahwa makan dengan benar dan berpuasa dapat memperlambat jam penuaan.

Penuaan adalah penyebab sebagian besar penyakit, sejauh ini merupakan penyebab utama penyakit jantung, alzheimer, dan diabetes.

Jadi idenya adalah membuat anda lebih kuat dan membuat Anda hidup lebih lama.

Bagikan