Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Penemuan Mengejutkan yang Terjadi di Indonesia

Penemuan di Indonesia
5 Penemuan Mengejutkan yang Terjadi di Indonesia. (foto/vebma.com)

Terkini.id – Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.000 lebih pulau. Terletak di antara dua benua; Asia dan Australia. Indonesia memiliki iklim tropis dan jutaan keindahan alam.

Indonesia juga dikenal dengan penduduknya yang ramah. Dunia juga mengenal Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia.

Di samping fakta-fakta mengenai Indonesia tadi, ada beberapa hal penting bagi dunia yang juga diduga terjadi di Indonesia. Dilansir dari gommu-gommu.com, berikut 5 penemuan paling mengejutkan yang diduga terjadi di Indonesia.

1. Indonesia adalah Atlantis

Penemuan di Indonesia
Prof Arysio Santos. (foto/blogspot.com)

Ilmuwan Brasil, Prof Arysio Santos melakukan penelitian muktahir yang menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku yang menjelaskan mengenai hal ini.

Prof Arysio menetapkan bahwa pada masa lalu Atlantis merupakan sebuah benua yang membentang dari bagian selatan India, Srilanka, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan terus membentang ke arah timur dengan Indonesia sebagai pusatnya.

Puluhan gunung berapi aktif terdapat di wilayah tersebut dan dikelilingi samudera yang menyatu bernama Orientale yang terdiri dari Samudera Hindia dan Pasifik.

2. Harta Karun Belanda ada di Indonesia

Penemuan di Indonesia
Pulau Onrust. (foto/oknusantara.com)

Misteri harta karun VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), perusahaan dagang Belanda di jaman penjajahan dulu kabarnya kini berada di Pulau Onrust.

Letak Pulau Onrust adalah di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu. Pulau ini hanya berjarak 14 km dari Jakarta. Pulau Onrust menjadi tempat yang sibuk pada masa lalu. Pulau ini adalah tempat keluar masuknya kapal perdagangan.

Mitos yang berkembang mengatakan di tempat ini terdapat harta karun VOC dalam jumlah yang sangat besar. Karena banyak kalangan yang menilai organisasi sebesar VOC tidak mungkin bisa begitu saja bangkrut secara tiba-tiba. Kisah pun berkembang bahwa di pulau ini terdapat harta karun peninggalan Belanda yang disembunyikan.

3. Manusia Pertama berasal dari Indonesia

Penemuan di Indonesia
Eugene Dubois. (foto/eugenedubois.org)

Sebelum abad 19, para ahli menyatakan bahwa manusia pertama kali berasal dari Eropa. Namun, pada akhir abad 19, seorang berkebangsaan Belanda bernama Eugene Dubois berhasil menghadirkan penemuan yang luar biasa. Ia menemukan manusia purba tertua di Solo, Indonesia.

Pada tahun 1897, dengan hati menggebu, dokter Belanda ini datang ke Pulau Jawa untuk mematahkan teori bahwa manusia pertama kali berasal dari Eropa.

Ia mempekerjakan 50 orang pribumi untuk menyusuri tepi Sungai Bengawan Solo sambil meneliti lokasi potensial tulang belulang manusia purba. Pekerjaan ini membuahkan hasil yang menggemparkan dunia.

Ia menemukan tengkorak manusia purba kala yang mencirikan kera. Selanjutnya pada tahun 1892, Eugene menemukan tulang kaki manusia purba yang mirip dengan manusia modern.

Dari bentuk kaki disimpulkan pemilik tulang tersebut sudah bisa berjalan dengan dua kaki. Dan diketahui bahwa tengkorak tersebut adalah nenek moyang manusia yang ada sekarang dikenal dengan manusia Jawa atau Pithecanthropus Erectus.

4. Indonesia berperan dalam temuan Benua Amerika

Penemuan di Indonesia
Colombus. (foto/konfrontasi.com)

Eropa di abad ke-15 tengah berada dalam keadaan risau dan berkemelut. Dunia perdagangan sedang berkembang pesat dan penjelajahan daerah baru tak terelakkan.

Ketika itu, Columbus tidak sengaja menemukan Benua Amerika saat ia mencoba mencari jalan lewat timur, salah satunya melalui Indonesia untuk mencari rempah-rempah. Hal ini menyebabkan ia mampu menemukan Amerika lebih cepat dari penjelajah lainnya.

Bukti yang memperkuat teori ini adalah Columbus juga membawa dan memperkenalkan buah pala yang hanya tumbuh di Indonesia ketika pertama kali menginjakkan kaki di Benua Amerika.

5. Letusan Gunung Purba sepanjang Sejarah

Penemuan di Indonesia
Ilustrasi letusan Gunung Toba. (foto/vebma.com)

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba? Danau Toba berasal dari letusan Gunung Toba. Letusan vulkanik terbesar di muka bumi dalam kurun waktu 2 juta tahun ini diduga terjadi di Indonesia, yaitu letusan Gunung Toba.

Temuan ini didapat para peneliti dari Niels Bohr Institute, Copenhagen, Denmark. Kala meletus, Gunung Toba memuntahkan 2.500 kilometer kubik lava.

Setara dua kali volume Gunung Everest. Tingkat erupsi letusan Gunung Toba 5.000 kali lebih mengerikan dari letusan Gunung St. Helens pada 1980 di Amerika Serikat.

Dugaan gunung purba ini mengarah pada Gunung Toba, karena ditemukannya bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama dengan Danau Toba di 2.100 titik di hampir di seluruh dunia, termasuk India hingga kutub utara.

Berita Terkait
Komentar
Terkini