Jarang terdengar, begini nasib Timnas Wanita Indonesia sekarang

Jarang terdengar, begini nasib Timnas Wanita Indonesia sekarang. (foto/juara.bolasport.com)

Terkini.id, – Tahun 1969 menjadi tonggak bersejarah untuk sepak bola wanita di Indonesia. Pada waktu itu terbentuklah timnas yang berisikan barisan srikandi tanah air.

Dari beberapa tahun tersebut, pasang surut menjadi perjalanan kisah yang tidak terpisahkan. Berbagai hasil bagus sampai buruk adalah teman yang lekat dengan mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, terakhir kali saat bermain pada kejuaraan internasional, timnas negara kita dibantai habis-habisan oleh negara Vietnam, tercatat empat belas gol bersarang di gawang Indonesia.

TImnas Wanita Indonesia saat berlaga. (foto/satupedia.com)

Tidak hanya itu saja, pada ajang AFF 2017, tidak sekalipun mereka dapat meraih kemenangan. Derita itu semakin buruk dengan langsung dibubarkannya timnas wanita Indonesia setelah kejuaraan tersebut.

Derita kekalahan menjadi suatu yang akrab bagi Timnas wanita Indonesia, menjadikan mereka sering dipandang dengan sebelah mata.

Persiapan yang selalu mepet saat menghadapi sebuah kejuaraan juga menjadi faktor penghambat prestasi mereka. Kita bisa membandingkan dengan timnas laki-laki yang persiapannya jauh lebih tertata dan sangat intens. Hal inilah yang menjadikan para srikandi tanah air kurang mampu tampil optimal.

Baca :Menang tipis lawan Sriwijaya, PSM pimpin klasemen
TImnas wanita Indonesia. (foto/jackcity.net)

Banyak pengembang menganggap wanita di Indonesia belum bisa kompetitif  saat bermain sepak bola. Padahal bakat-bakat mereka apabila dikelola dengan baik dapat mengharumkan bangsa ini.

Kehadiran mereka tentu sangat jarang didengar atau terlihat. Hal ini terjadi lantaran para pemain di Timnas ini baru akan muncul ketika ada pemusatan latihan.

Hal itu juga yang membuat bakat mereka terlihat minim prestasi, karena latihan mereka tidak intens setiap saat. Tercatat prestasi terbaik timnas wanita adalah peringkat dua pada kejuaraan Asia tahun 1982.

(foto/indosport.com)

Meski terlihat kurang prestasi, namun bukan hal yang membatasi masyarakat Indonesia untuk tidak mendukung mereka.

Selain itu, akan menjadi suatu hal yang positif apabila bakat dan potensi para srikandi ini dapat dikelola dengan baik. Sebab, para pemain wanita dapat menjadi opsi bagi Indonesia untuk meraih prestasi di samping timnas pria.