Jaringan Fiber Optik: Si Kecil Vital nan Handal

Terkini.id, Makassar – Di era serba digitalisasi ini di zaman kemudahan manusia dalam berinteraksi sosial melalui sarana memakai jaringan fiber optik, salah satunya di Indonesia adalah jalur telekomunikasi yang disupport oleh PT Telkom.

Untuk keadaan normal tanpa gangguan semuanya begitu mulus dan lancar, tetapi jika salah satu jaringan kabel optik ini rusak maka dipastikan sarana komunikasi terganggu.

Berikut penulis coba mengulik lebih dekat kegiatan dibelakang layar saudara saudara kita yang berkutat dalam dunia maintenance kabel serat optik beserta perangkat pendukungnya.

Hari ini penulis berkesempatan melihat secara langsung perbaikan jalur kabel serat optik diseputaran wilayah Perintis Kemerdekaan, kegiatan perbaikan jaringan yang dilakukan oleh tim Telkom Corporate dengan peralatan yang mumpuni dan canggih mulai dari perangkat Splicer ( alat sambung serat optik ) , optical power meter ( pengukur cahaya/ redaman), visibel ( VFL) ,Toolbox set dll.

Dengan cekatan saudara Ino dan Akbar begitu lincah memainkan peralatan yang terbilang canggih. Keduanya bekerja sama dalam mengatasi kerusakan jaringan optik. mulai dari Splicer hingga optical power meter dan visibel dikerahkan. peralatan canggih ini seperti menari bergerak dengan lincah ditangan yang profesional ini.

Sebagaimana diketahui jaringan optik menjadi salah satu ujung tombak dalam komunikasi voice (pots) hingga komunikasi data kepada pelanggan.

Menurut laman Wikipedia, Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke lokasi lain

Adapun beberapa kendala yang biasa dihadapi oleh team maintenance dilapangan antara lain titik penyambungan dengan tidak terdeteksi oleh mata telanjang, penimbunan jaringan hingga cuaca hujan yang ekstrim.

“Diharapkan agar masyarakat yang akan melakukan kegiatan dengan melintasi jaringan kabel optik, atau jika ada kendala gangguan Telkom agar menghubungi petugas Telkom atau di hotline 147 (masyarakat) atau via Telkom Corporate 08001835566 khusus pelanggan corporate,” ujar saudara Akbar dan Ino dari PT Telkom Corporate.

“Serta kami harapkan dukungan dari pelanggan dan masyarakat agar menjaga jalur kabel optik dari hal hal yang dapat menyebabkan kerusakan di lapangan, mengingat pentingnya jalur komunikasi kepada seluruh masyarakat,” pungkas keduanya mengakhiri pembicaraan disela sela perjumpaan bersama penulis

Berita Terkait