Jatah Rastra di Pinrang segera disalurkan

Ilustrasi Beras Rastra

Terkini.id, PINRANG – Pemerintah Kabupaten Pinrang akan segera menyalurkan beras sejahtera (Rastra) tahun ini untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Pinrang. Rastra untuk penyaluran bulan Oktober disebutkan telah siap.

“Jatah Rastra Pinrang dari pemerintah pusat pada 2017 untuk 16.805 kepala keluarga (KK) di 108 titik distribusi pada 12 kecamatan di Pinrang,” ujar Asisten II Setda Pinrang, Chandra Yasin saat mewakili Bupati Pinrang acara pada rapat evaluasi triwulan III program Rastra.

Dikatakan, 2017 ini, jumlah rumah tangga sasaran keluarga penerima manfaat Rastra sebanyak 16.805 KK sampai triwulan III yang perkembangan realisasi pengeluarannya sebesar 2.268.675 Kg atau 75 persen dari pagu Rastra sebesar 3.024.900 Kg. Makanya diminta segera menyelesaikan administrasi dan pertanggungjawaban paling lambat 15 Desember 2017 mendatang, khususnya tim koordinasi Rastra kecamatan dan desa atau kelurahan.

“Kita harapkan semuanya dapat menyatukan persepsi agar penyaluran Rastra dapat tepat sasaran,” harap Chandra.

Menurutnya, evektifitas penyaluran Rastra, diperiksa dulu tim koordinasi kabupaten terkait jumlah dan kualitas beras, termasuk kualitas beras sampai di KPM dan koordinasi dengan pihak Bulog dalam mengatasi masalah yang bakal muncul.

Baca :Pemerintah Kota Parepare himbau warga tukar beras rastra yang rusak

Sementara Kepala Bagian Pembangunan Ekonomi Setda Pinrang, Amran yang ditemui terpisah, mengaku Rastra merupakan satu diantara program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan bagi masyarakat miskin.

“Kita ingin meningkatkan akses masyarakat berpendapatan rendah dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok sebagai salah satu hak dasar,” ujarnya.

Menurut Amran, 3.024.900 Kg akan disalurkan ke KPM adalah subsidi pemerintah dari pembelian Rp 8.325 per Kg dengan harga tebus yang dibayar rumah tangga penerima manfaat hanya sebesar Rp.1.600 per Kg.

“Sehingga pemerintah membayar subsidi Rastra sebesar Rp 6.725 per kg. Setiap KK menerima 15 Kg,” jelasnya.

PenulisArsyad